Asosiasi Pendeta Indonesia terbentuk di Sulawesi Tengah

id pendeta, API

Ketua Umum DPP API Pdt Harsanto Adi (kiri) menyalami Sekretaris DPD API Sulteng Mayor Erik A.Kope disaksikan Ketua DPD API Sulteng Dr Alexander Rondonuwu dan pengurus lainnya di Palu, Rabu (22/11) malam. (Antarasulteng.com/Rolex Malaha)

Harsanto Adi: pendeta harus jadi bagian dalam solusi permasalahan bangsa
Palu (Antarasulteng.com) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pendeta Indonesia (DPP API) Pendeta Brigjen TNI (Purn) Harsanto Adi, MM.MTh melantik pengurus DPD API Provinsi Sulawesi Tengah periode 2017-2022 di Hotel Roaroa Palu, Rabu (22/11) malam.

Sebelum melantik pengurus DPD, Pdt Harsanto Adi mengukuhkan dewan penasehat DPD API Sulteng yang terdiri atas Kepala Bimas Kristen Kanwil Kementerian Agama Sulteng Drs Kaleb Toki'i, MSi dan beberapa ketua sinode denominasi gereja di Ibu Kota Provinsi Sulteng ini.

DPD API Sulawesi Tengah yang dilantik itu diketuai Pdt Dr Alexander Rondonuwu, MTh yang dibantu dua wakil ketua dengan Sekretaris Mayor Erik A. Kope dan bendahara Pdt Amiruddin Wasugai, STh.S.Pak.MTh serta dilengkapi dengan 7 bidang.

Setelah dilantik menjadi Ketua DPD API Sulawesi Tengah, Alexander Rondonuwu kemudian melantik Pengurus DPC API Kota Palu untuk periode yang sama 2017-2022 dengan diawali pengukuhan Dewan Penasehat yang antara lain adalah Kepala Seksi Bimas Kristen Kantor Kemenag Kota Palu Pdt Martinus Bonggili, S.Pak,MTh, Ketua Bamag Kota Palu Dr Loddy Surentu, MPd.MM dan para pendeta senior.

DPC API Kota Palu diketuai Pdt Ko Agung Susilo, MTh dibantu dua wakil ketua yakni Pdt Yulson Supari, STh dan Pdt. Gaston Salone, STh. Sekretaris dipegang oleh Pdt Umbu Lagambani dan Bendahara Ev. Shinta Christianty, M.Sg dan dilengkapi tujuh bidang.

Ketua Umum DPP API Harsanto Adi dalam sambutannya mengharapkan para pendeta terlibat aktif dalam mencari solusi permasalahan aktual yang dihadapi bangsa yang salah satu hal terpenting adalah menjaga tetap tegaknya NKRI, Pancasila dan UUD 1945.

Para pendeta, kata mantan pejabat di Kementerian Pertahanan itu, harus memahami permasalahan aktual yang dihadapi bangsa seperti ancaman disintegrasi, terorisme, radikalisme, intoleransi serta bahaya narkoba, seks bebas dan korupsi.

"API sendiri akan menjadi wadah bagi para pendeta yang akan membantu meningkatkan kapasitas, pengetahuan dan kesejahteraan para pendeta agar lebih fokus kompeten melaksanakan tugas-tugas pelayanan kepada Tuhan dan jemaat gereja masing-masing," ujarnya.


Ketua DPD API Sulteng Alexander Rondonuwu (kiri) menyerahkan SK kepada
Ketua DPC API Kota Palu Pdt Agung Susilo di Palu, Rabu (22/11) malam.

Dalam dialog kebangsaan yang digelar usai upacara pelantikan, Harsanto Adi menegaskan kepada para pendeta agar tidak terlibat dalam politik praktis, tertama menjelang pilkada, pemilu dan pilpres 2019, tetapi juga tidak sampai a-politik atau buta dalam hal politik.

Sementara itu Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah H. Abdullah Latopada, S.Ag.MSi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Bidang Pembinaan Masyarakat Hindu mengaku gembira dan menyambut antusias terbentuknya DPD API Provinsi Sulteng dan DPC API Kota Palu.

"Kami sambut gembira adanya API yang akan menjadi mitra pemerintah untuk bersinergi dalam pembinaan umat guna menjadikan Sulawesi Tengah sebagai daerah yang aman, tenteram dan sejahtera," ujarnya dan mengharapkan API mengedepankan pembinaan dan kesejahteraan umat. 

Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar