Pemprov Sulteng Komitmen Lindungi Lansia

id lansia

Pemprov Sulteng Komitmen Lindungi Lansia

Pejabat mewakili Kepala DP3A Sulawesi Tengah, Kepala Bidang Data Nova Nuzul Yanti menyampaikan sambutan pada sosialisasi perlindungan lansia, di Jazz Hotel, Kamis 23 November 2017. (Muhammad Hajiji/antarasulteng.com)

Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah berkomitmen melindungi lanjut usia di daerah tersebut sebagai salah satu bentuk kepedulian sosial.

Kepala Bidang Data Nova Nuzul Yanti di Palu, Jumat, mengatakan perhatian terhadap lansia perlu ditingkatkan agar terwujud kualitas keluarga yang sejahtera.

"Negara telah memiliki Undang-Undang Nomor 13 tahun 1998 tentang kesejahteraan lanjut usia. Dengan demikian lansia memiliki tempat dan posisi yang perlu diperkuat dan diperhatikan," kata Nova Nuzul Yanti di Palu, Kamis.

Nova mengatakan lansia menghadapi berbagai perubahan dalam hidupnya, fisik, psikis, sosial dan ekonomi. Karena itu dibutuhkan penguatan keluarga lansia, kelompok kegiatan bina keluarga.

Lansia, sebut dia memiliki hak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yakni hak dihormati oleh negara dan masyarakat.

Kemudian pemenuhan kebutuhan dasar oleh negara, serta hak mendapat perlindungan dari negara dari berbagai risiko baik fisik atau maupun sosial.

"Hak-hak lansia tersebut dijamin oleh undang-undang. Karena itu hak tersebut harus diberikan kepada lansia," katanya.

Lansia juga memiliki tugas perkembangan meliputi, usaha kehidupan di masa tua yang menyenangkan.

Karena itu Dinas Pemberdayaan Perempuan mengajak Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial untuk bekerjasama demi perlindungan terhadap lansia.

DP3A Sulawesi Tengah menggelar sosialisasi perlindungan lansia melibatkan kurang lebih 50 lansia dan organisasi perempuan. (skd)