DMI Akan Data Jumlah Masjid Di Palu

id dmi, masjid

DMI Akan Data Jumlah Masjid Di Palu

Dewan Masjid Indonesia (dmi.or.id)

Palu,  (antarasulteng.com) - Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Palu, Sulawesi Tengah, akan mulai mendata jumlah masjid di daerah tersebut untuk kepentingan pelaksanaan program-program DMI ke depan.

Ketua DMI Kota Palu, Muhammad Iqbal Andi Magga mengemukakan pendataan jumlah masjid melibatkan seluruh pengurus DMI tingkat kecamatan dan kelurahan.

"Jumlah masjid akan dibahas secara detail pada rapat kerja daerah DMI pada Januari 2018 mendatang," ungkap Mohammad Iqbal Andi Magga, di Palu, Jumat.

Eki sapaan akrab Mohammad Iqbal Andi Magga menyebut pendataan terhadap masjid telah dilaksanakan oleh DMI sejak terbentuk.

Karena itu setiap pengurus kecamatan nantinya akan melaporkan jumlah masjid di setiap wilayah pada rakerda.

"Pendataan masjid merupakan langkah awal dari DMI untuk mengembangkan masjid sebagai kekuatan ekonomi jamaah dan pengurus masjid," sebutnya.

Anggota DPRD Kota Palu ini menguraikan pendataan masjid tidak hanya sebatas jumlah rumah ibadah tersebut disetiap wilayah.

Melainkan kekurangan infastruktur dan sarana prasarana di masjid juga akan didata, untuk ditindak lanjuti.

"Misalnya di masjid belum memiliki mimbar, toa, sound sistem, menara masjid serta koperasi. Nah ini yang akan didata dan kemudian ditindaklanjuti oleh DMI," ujarnya.

DMI Palu akan melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Bank Indonesia bagian syariah untuk pembangunan koperasi masjid.

DMI juga akan melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam upaya memakmurkan masjid.

Penandatanganan itu akan dilaksanakan pada pembukaan rapat kerja daerah DMI pada Januari 2018 nanti.(skd)