Gempa Di Palu Warga Berhamburan Keluar Rumah

id gempa

Gempa Di Palu Warga Berhamburan Keluar Rumah

Arsip: Sejumlah warga Kulawi, Kab. Sigi, Sabtu (18/8) malam mengungsi ke Desa Tua, Kec. Gumbasa untuk menghindar dari dampak gempa susulan. Kab. Sigi menjadi daerah paling pawah dilanda gempa tektonik 6,2 SR Sabtu petang. (ANTARA/Basri)

Gempanya cukup keras dan lama
Palu,  (antarasulteng.com) - gempabumi tektonik berkekuatan 5,1 SR kembali mengguncang Kota Palu dan sekitarnya pada Sabtu sekitar pukul 17.45WITA, kebanyakan warga berhamburan keluar rumah untuk menghindari hal-hal buruk yang bisa menimpah mereka.

Pantauan Antara di bilangan jalan Malaya, Kecamatan Palu Selatan, ketika terjadi gempa, warga yang ada dalam rumah langsung berlarian keluar.

Terlihat banyak penghuni kost di wilayah tersebut berhamburan keluar sambil berteriak ketakutan. Rata-rata mereka yang berlari keluar karena khawatir jangan sampai ada bangunan yang runtuh dan tertimpah benda keras.

"Gempanya cukup keras dan lama," kata Ny Marlines Lapoliwa, seorang ibu rumah tangga di bilangan Jalan Malaya, Kelurahan Biroburi Selatan.

Berdasarkan informasi dari BMKG Jakarta, gempabumi yang mengguncang Kota Palu,Kabupaten Donggala dan Sigi dengan kekuatan 5,1 SR tersebut perpusat di darat ( 5km) arah utara Desa Pakuli, Kecamatan Gumbasa.

Dampak gempa dirasakan selain di Palu, Donggala, Sigi, juga di Kabupaten Perigi Moutong dalam skala intensitas II Sig-BMKG (III-IV MMI).

"Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya merupakan jenis gempa dangkat akibat aktivitas sesar yang diduga merupakan sesar Palukoro," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Jakarta,Moch Riyadi.

Gempa dipicu penyesaran dengan mekanisme obligue normal yaitu ppenyesaran dengan kombinasi pergerakan mendatar dan turun.

Hingga kini hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa susulan. Bagi masyarakat di Kota Palu dan Kabupaten Donggala diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Belum ada laporan mengenai adanya kerusakan akibat gempabumi 5,1 SR yang mengguncang sejumlah wilayah di sekitar Kota Palu. (skd)