Pemkab Canangkan Donggala Sebagai Kota Wisata

id kasman

Pemkab Canangkan Donggala Sebagai Kota Wisata

Bupati Donggala Kasman Lassa (Foto Antara/Rolex Malaha)

Pencanangan ini menjadi komitmen untuk mengembangkan daerah dengan memaksimalkan sektor jasa pariwisata, yang berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat
Donggala, Sulawesi Tengah,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, resmi mencanangkan kabupaten itu sebagai kota tujuan wisata, untuk peningkatan sektor jasa, yang berlangsung di Anjungan Gonenggati, Senin.

Bupati Donggala Kasman Lassa, di Donggala, mengatakan pencanangan sebagai kota wisata merupakan komitmen untuk memajukan daerah tersebut.

"Pencanangan ini menjadi komitmen untuk mengembangkan daerah dengan memaksimalkan sektor jasa pariwisata, yang berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat," ungkap Bupati Kasman Lassa.

Kasman Lassa optimistis pencanangan Donggala sebagai kota wisata dalam akan memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

"Pengembangan sektor jasa dengan menggenjot pariwisata akan memberikan dampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat," katanya.

Pencanangan Donggala kota wisata merupakan program yang telah direncanakan Kasman Lassa sejak tahun 2016.

Awalnya Pemkab Donggala merencanakan menggelar pencanangan pada Oktober 2016, namun di undur pada bulan Desember 2016.

Rencana itu belum dapat direalisasikan sesuai waktu yang direncanakan. Hal itu karena kondisi anjungan tersebut saat itu masih dalam pembangunan tahap akhir atau finishing, yang membutuhkan ketersediaan waktu paling lambat 1 bulan.

Kondisi itu, akui Kasman, membuat Pemkab Donggala membahas kembali rencana pencanangan Donggala Kota Wisata, yang kemudian disepakati untuk diundur pada Desember 2016.

"Kita tidak mungkin memaksakan melaksanakan kegiatan pencanangan Donggala Kota Wisata di anjungan Gonegati I Sema pa Mai Pia Pa, sementara anjungan belum selesai di bangun," ujarnya.

Pemkab merealisasikan rencana tersebut pada Senin 27 November 2017 di anjungan tersebut, dihadiri ratusan masyarakat daerah itu.

Lebih lanjut Bupati Kasman Lassa mengatakan bahwa pencanangan Donggala Kota Wisata sekaligus memaksimalkan pengelolaan dan peningkatan 48 objek wisata potensial yang ada didaerah tersebut.?

Ada sejumlah paket tur wisata di Donggala yang terintegrasi dengan Kota Palu tengah disiapkan untuk dipromosikan, mulai dari wisata alam di laut, pantai dan pegunungan sampai wisata seni dan budaya. (skd)