Pertamina Jamin Stok Elpiji Cukup Untuk Natal

id elpiji

Pertamina Jamin Stok Elpiji Cukup Untuk Natal

Antrian masyarakat untuk mendapatkan gas elpiji 3 kg (Foto Antara/Anas Massa)

Palu,  (antaranews.com) - PT Pertamina menjamin stok elpiji, termasuk untuk 3 kg yang selama ini disubsidi pemerintah pusat cukup baik untuk kebutuhan Natal dan Tahun Baru 2018.

Bastian Wibowo, salah seorang pejabat di Pertamina Palu, Selasa, mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir kekurangan elpiji karena stok yang ada mencukupi kebutuhan, meski dalam dua bulan terakhir ini permintaan meningkat dibandingkan sebelumnya.

Peningkatan itu dikarenakan umat Kristiani akan merayakan Natal dan Tahun Baru.

Meski permintaan meningkat, namun stok yang tersedia sudah diperhitungkan jauh sebelumnya sehingga dijamin dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Bahkan, pihaknya, kata dia memberikan promo harga khusus hingga Desember bagi masyarakat yang membeli elpiji tabung 5,5 kg dengan harga hanya Rp60.000.

Biasanya, harga per tabung untuk elpiji 5,5 kg dijual Rp75.000. "Tapi di pasar murah yang digelar Pemprov Sulteng di Palu hanya dijual seharga Rp60.000/tabung," kata dia.

Selain di pasar murah, warga yang hendak membeli bisa mendapatkannya di sejumlah titik yang telah ditetapkan Pertamina dalam Kota Palu.

"Kita siapkan beberapa titik untuk penjualan elpiji 5,5kg dengan harga promo dan berlaku selama Desember 2017 ini," kata Bastian.

Menjawab pertanyaan, Bastian menegaskan pihaknya hanya bertanggungjawab pendistribusian melalui agen/distributor sampai ke tingkat pangkalan.

Dari pangkalan ke pengecer, itu menjadi tanggung jawab oleh pemerintah daerah.

Misalkan untuk wilayah Kota Palu, berarti Pemkot Palu yang bertanggungjawab, termasuk melakukan tindakan tegas bagi pengecer yang terbukti menjual elpiji subsidi.

Kalau di tingkat pangkalan, itu sepenuhnya kewenangkan Pertamina dan distributor yang akan menindak tegas.

Harga elpiji di tingkat pangakalan sesuai harga eceran tertinggi (HET) ditetapkan pemerintah Rp16.000/tabung.

Sementara harga elpiji subsidi dijual pengecer saat ini bervariasi antara Rp20.000 s/d Rp25.000/tabung. (skd)