Verna Inkiriwang: semua instansi harus dukung Program Kampung KB

id BKKBN, Kampung KB

Verna Inkiriwang: semua instansi harus dukung Program Kampung KB

Anggota Komisi IX DPR RI Verna Inkiriwang (ketiga kanan) bersama tokoh masyarakat Desa Nggawia, Kecamatan Tojo Barat, Kabupaten Tojo Unauna usai pencanangan ntegrasi Kampung KB, Selasa (5/11) (Antaranews.com/Humas BKKBN)

Kampung KB jangan hanya sampai pencanangan, tetapi harus ada tindak lanjut
Palu (Antaranews.com) - Anggota Komisi IX DPR RI dr Verna Gladys Merry Inkiriwang mengajak semua instansi lintas sektor yang terkait dengan program Integrasi Kampung KB memberikan dukungan penuh untuk pencapaian tujuan mulia Kampung KB yakni membentuk keluarga yang kuat dan sejahtera

"Jadi seharusnya kampung KB ini ditunjang oleh semua sektor agar desa-desa cepat maju dalam pembangunan," katanya pada sosialisasi Integrasi Kampung KB di Desa Nggawia, Kecamatan Tojo Barat, Kabupaten Tojo Unauna, Selasa (5/1). 

Di hadapan ratusan warga yang hadir bersama unsur pemerintah desa dan kecamatan, politisi Partai Demokrat ini menjelaskan tentang latar belakang adanya program Kampung KB.

Setelah reformasi, katanya, kependudukan di Indonesia tidak tersosialisasi dengan baik dan adanya perubahan demografi karena angka kelahiran sangat tinggi karena yang ikut KB hanya sedikit.

Nah, Kampung KB merupakan strategi KKBPK kepada seluruh lintas sektor yang tujuannya mengendalikan pertumbuhan penduduk dan mempercepat kesejahteraan keluarga.

Putri mantan Bupati Poso dua periode Piet Inkiriwang ini mengharapkan ada partisipasi aktif dari masyarakat untuk suksesnya Integrasi Kampung KB. Ia juga memberi apresiasi kepada pokja dan kader KB atas jasa mereka untuk program Kampung KB.

Pada kesempatan yang sama Kasi Advokasi dan KIE BKKBN Provinsi Sulteng Aprianto menekankan bahwa Kampung KB adalah program prioritas pemerintahan Presiden Jokowi yang dijadikan pintu gerbang bagi seluruh program pembangunan dari semua sektor yang akan masuk ke desa.

"Jadi sangat rugi bila sudah dicanangkan tetapi Kampung KB tidak dijalankan dengan baik," ujarnya.

Sementara Kabid Data dan Kelembagaan Dinas Kependudukan dan KB Kabupaten Poso Nuraisha mengatakan bahwa ksadaran dan kesatuan warga desa sangat menentukan keberhasilan program Integrasi Kampung KB yang sedang giat dilaksanakan BKKBN dan Komisi IX DPR RI di Provinsi Sulawesi Tengah.

"Mari Kita perkuat ketahanan keluarga di desa ini. Harus ada kesadaran dan kesatuan dari masyarakat agar tercipta tunjun Kampung KB," katanya.

Menurut Nuraisha, masyarakat Desa Nggawia harus berbangga karena daerahnya terpilih sebagai tempat Integrasi Kampung KB atas kepercayaan BKKBN dan Komisi IX DPR RI.

"Tapi jangan hanya ada pencanganan Kampung KB yang begitu meriah namun setelah itu tidak ada implementasi. Harus ada kesadaran dan kesatuan dari seluruh lapisan masyarakat agar tercipta tujuan Kampung KB," ujarnya.

Ia berharap kepada kepala desa setempat untuk mengusahakan agar ada sekretariat Kampung KB sebagai rumah data untuk mengumpulkan semua informasi dan data yang dibutuhkan untuk percepatan pembangunan desa.

Di akhir acara digelar penyerahan hadiah-hadiah menarik kepada peserta sosialisasi yang mampu menjawab pertanyaan sekitar program Kependudukan dan KB, dengan hadiah utama sebuah sepeda. (Humas BKKBN)