KPU Parigi Moutong Rekrut Verifikator Parpol

id kpu

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong, Amelia Idris. (Foto:Antaranews/Moh Ridwan)

Parigi,  (antaranews.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah telah merekrut sebanyak empat orang petugas verifikasi faktual keanggotaan kepengurusan partai politik peserta Pemilu 2019.

"Kami sudah selesai melakukan tahapan perekrutan petugas verifikasi atau verifikator untuk bertugas di lapangan nanti. Para verifikator ini kami rekrut dari eksternal KPU," kata Ketua KPU Parigi Moutong, Amelia Idris di Parigi, Kamis.

Verifikasi faktual dilakukan secara menyeluruh, termasuk parpol yang baru terdaftar di KPU RI untuk menjadi peserta Pemilu 2019.

Amelia menjelaskan, berdasarkan hasil pleno yang dilakukan KPU setempat beberapa waktu lalu, kriteria perekrutan petugas verifikasi faktual yakni tidak menjadi anggota parpol, memiliki keahlian di bidang pendataan serta memiliki integritas tinggi.

"Yang menjadi prioritas kami dalam melakukan seleksi, mereka yang sudah memiliki pengalaman pendataan lapangan dibuktikan dengan sertifikat dan sekarang sudah ada empat orang verifikator," ujarnya.

Amelia menguraikan, dalam aturan tidak ada pembatasan berapa petugas verifikasi faktual parpol yang direkrut, namun estimasi KPU menargetkan sekitar sepuluh orang.

Meski begitu, Amelia belum membeberkan secara rinci apakah pihaknya akan melibatkan staf di lembaga itu menjadi petugas verifikasi lapangan atau tidak.

"Kami belum bisa memastikan apakah kami akan mengangkat verifikator secara internal. Kami akan pleno dulu apakah nanti dilakukan perekrutan kembali atau hanya melibatkan empat verifikator yang sudah direkrut sebelumnya. Nanti kita lihat seperti apa ke depan," tambahnya.

Perekrutan petugas verifikasi faktual parpol peserta Pemilu 2019 sudah terlasana sejak tanggal 21 hingga 28 November 2017. (skd)

Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar