Peringati Maulid Nabi, warga Moutong gelar pawai

id Parimo

 Peringati Maulid Nabi, warga Moutong gelar pawai

Suasana pawai memperingati Maulid Nabi Muhamad SAW di Moutong, Kamis (7/12) (Antaranews.com/Jeprin-Humas Parimo)

Camat Moutong: tradisi ini diharapkan terus dipertahankan.
Moutong (Antaranews.com) - Ratusan warga dari 20 desa di Kecamatan Moutong, Kabupaten Parigi Moutong, mengikuti pawai memeriahkan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 Hijriah, Kamis (7/12). 

Pawai dilepas Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Parigi Moutong Hj. Noor Wachida Prihartini S Tombolotutu, mengambil star di depan Kantor PLN Moutong selanjutnya mengelilingi jalan-jalan desa di Kecamatan Moutong.

Setiap desa membawa dua paha atau rumah kecil yang telah dihias dan ditancapi berbagai ornamen seperti telur, nasi ketan dan makanan tradisional. Paha itu diangkut menggunakan mobil bak terbuka dalam arak-arakan keliling kampung. 

Kemeriahan pawai itu semakin terasa karena diiringi alat musik rebana. 

Camat Moutong Abdun Daepatola, S.Sos mengatakan tidak hanya pemerintah desa, sejumlah elemen masyarakat juga ikut berpartisipasi di pawai itu termasuk OPD Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Parigi Moutong ikut serta dalam kegiatan keagamaan itu.

Menurutnya, tradisi itu sudah sejak lama dilakukan masyarakat setiap memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. 

Abdun berharap tradisi ini bisa terus bertahan, sehingga dapat memupuk semangat kebersamaan di antara warga serta sebagai aktualisasi kecintaan masyarakat, khususnya yang beragama muslim kepada Nabi Muhammad SAW. 

"Saya berharap tradisi ini tetap dipertahankan dalam rangka memupuk cinta terhadap sesama dan juga cinta kepada Nabi Muhammad SAW,"harapnya (Jeprin/Humas Pemda Parigi Moutong)