Pemkot Palu Jamin Ketersediaan Kebutuhan Pokok Natal

id Pasar, Murah, Pokok

Pemkot Palu Jamin Ketersediaan Kebutuhan Pokok Natal

Arsip: Massyarakat berbelanja dipasar murah dalam rangka menghadapi Natal dan Tahun Baru menyerbu lokasi kegiatan yang dipusatkan di permukiman padat penduduk di Kecamatan Palu Timur. (Foto Antara/Anas Massa)

Palu, (antaranews.com) - Pemkot Palu menjamin ketersediaan berbagai jenis bahan pokok menghadapi Natal dan Tahun Baru mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Begitu pula harga pada umumnya stabil, kecuali telur mengalami kenaikan, tetapi masih wajar," kata Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Pemkot Palu, Tamin Tombolotutu di Palu, Rabu.

Ia mengatakan telur ayam naik dari Rp1.200/butir, kini menjadi Rp2.000/butir.

Kenaikan harga telur dipicu karena permintaan masyarakat menghadapi Natal dan Tahun Baru meningkat.

Meski permintaan meningkat, namun stok telur cukup memadai.

Sementara harga kebutuhan lainnya seperti minyak goreng, gula pasir, beras, daging sapi dan bawang masih stabil dan terkendali.

Harga minyak goreng di pasaran dijual pedagang Rp13.000/liter, tepung terigu Rp10.000/kg, gula pasir Rp12.500/kg, daging sapi Rp110.000/kg dan beras medium berlisar Rp9.000/kg dan premium mencapai Rp12.000/kg.

Masyarakat di Kota Palu tidak perlu khawatir karena selama ini untuk komoditi-komoditi tertentu dipasok dari daerah di sekitarnya.

Misalkan beras, bawang merah, tomat, cabai, sayur-mayur kebanyakan berasal dari Kabupaten Sigi, Poso, Donggala dan Parigi Moutong.

Sementara khusus minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, semuanya didatangkan para distributor dari luar wilayah Sulteng seperti selama ini dari Surabaya, Makassar, Gorontalo dan Bitung.

Ia juga mengatakan pemerintah melalui Tim Terpadu Pengendalian Inflansi Daerah (TPID) setempat rutin melakukan monitoring ke pasar-pasar tradisional maupun modern dalam rangka mengamankan dan mengendalikan harga.(skd)