Dishub: Arus Mudik Natal Lewat Darat Belum Terjadi

id arus, mudik

Dishub: Arus Mudik Natal Lewat Darat Belum Terjadi

Arsip: Aktivitas penumpang di terminal mamboro (antaranews)

Palu, (antaranews.com) - Arus mudik Natal dan Tahun Baru melalui jalur darat baik ke berbagai kota dalam maupun luar Sulawesi Tengah hingga kini belum terjadi.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulteng, Abdul Haris Renggah di Palu, Kamis mengatakan penumpang angkutan kota dalam provinsi dan angkutan kota antarprovinsi (AKDP/AKAP) diberangkatkan maupun tiba di terminal Mamboro Palu setiap harinya masih belu menunjukkan adanya peningkatan.

Arus mudik Natal dan Tahun Baru menggunakan bis-bis AKDP/AKAP sampai sekarang ini masih normal seperti hari biasa.

Peningkatan arus penumpang biasanya baru terjadi seminggu menjelang Natal dan Tahun Baru.

Meski terjadi peningkatan arus penumpang menjelang Natal dan Tahun Baru, tetap masih dapat diimbangi karena jumlah armada yang ada saat ini terbilang cukup memadai.

Armada-armada AKDP/AKAP yang beroperasi hingga kini masih cukup memadai sehingga dijamin dapat melayani arus mudik Natal dan Tahun Baru.

Jalur-jalur yang ramai dilalui arus mudik Natal dan Tahun Baru antara lain Palu-Manado dan Palu-Toraja untuk AKAP. Sementara untuk jalur mudik AKDP yang diperkirakan cukup padat antara lain Palu-Poso, Palu-Morowali dan Palu-Tentena.

Meski jumlah armada memadai, Haris tetap mengimbau masyarakat yang akan mudik sebaiknya dilakukan lebih awal.

Ada banyak keuntungan jika mudik lebih awal dibandingkan nanti mudik mendekati Natal dan Tahun Baru. Kalau mudik lebih awal selain penumpang masih kurang, juga tiket mudah diperoleh.

Pemprov Sulteng juga menyiapkan angkutan mudik gratis sama seperti dilakukan pada tahun sebelumnya.

Mudik gratis hanya diperuntukan bagi masyarakat ekonomi lemah, pelajar dan mahasiswa.

Jalur mudik gratis hanya berlaku pada jalur Palu-Poso, Palu-Tojo Unauna, Palu Morowali-Morowali Utara, Palu-Banggai-Banggai Kepulauan-Banggai Laut dan Palu-Tolitoli-Buol. (skd)