Pemkot Palu luncurkan sepuluh produk unggulan

id Palu

Pemkot Palu luncurkan sepuluh produk unggulan

Kerajinan rotan merupakan salah satu dari 10 produk unggulan Kota Palu yang akan didorong menjadi komoditi ekspor. (FOTO: Antarasulteng.com/Rolex Malaha)

Produk unggulan akan dioptimalkan untuk menembus pasar ekspor
Palu (Antaranews.com) - Pemerintah Kota (Pemkot) Palu meluncurkan 10 produk unggulan industri kecil menengah (IKM) dari sejumlah kelurahan inovasi di ibu kota Provinsi Sulawesi Tegah ini.

Produk tersebut yakni kerajinan rotan, kerajinan sampah organik, pakan ternak ruminansia, kerajinan olahan bambu, kerajinan limbah kelapa, kerajinan olahan keripik, Kerajinan alat musik tradisional, kerajinan batik bomba dan kerajinan daun silar.

Wali Kota Palu Hidayat, Senin mengatakan sejauh ini Pemkot mengusung visi misi yakni terus mendorong Palu sebagai kota destinasi sehingga hal tersebut merupakan penjabaran dari upaya menjadi kota jasa tersebut.

"Untuk itu, kita dorong IKM berbasis kelurahan dalam program kelurahan inovasi unggul dan mandiri," kata Hidayat.

Dia menambahkan, produk unggulan tersebut akan terus dioptimalkan untuk menembus pasar nasional dan internasional.

Menurutnya, pengembangan dari sektor jasa ini adalah proyek primadona yang sangat diandalkan dalam pembangunan Kota Palu lima tahun mendatang.

"Kita tidak punya hasil yang cukup pada sektor pertanian, perikanan, kelautan, perkebunan dan pertambangan sehingga sektor yang harus kita dorong dalam menumbuhkan pembangunan adalah dari jasa," paparnya.

Olehnya, tambah Hidayat, terhadap para pelaku usaha kecil, pihaknya sudah menyiapkan suatu kelompok usaha bersama yang memiliki komitmen kuat untuk dapat memberikan kemandirian kepada para pelaku usaha kecil tersebut.

Acara peluncuran dilakukan oleh Wali Kota Palu Hidayat di lokasi IKM pengolahan sampah anorganik, Jalan Soekarno Hatta Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, belum lama ini.

Usai meluncurkan produk unggulan itu, Wali Kota Palu bersama rombongan mengunjungi stand pameran produk unggulan tersebut.