Wabub Parimo: 'Kades jangan kecewakan rakyat'

id Parimo

Wabub Parimo: 'Kades jangan kecewakan rakyat'

Wabub Parigi Moutong H badrun Nggai menyematkan tanda jabatan kepada salah seorang dari 16 kades dari empat kecamatan yang dilantik di Bolano, Rabu (27/12) (Antaranews.com/Jeprin-Humas Pemkab Parimo)

Tahun 2018, desa terbaik megelola Dana Desa akan dapat penghargaan
Parigi (Antaranews.com)  - Wakil Bupati Parigi Moutong H Badrun Nggai meminta para kepala desa terpilih di daerahnya agar menjalankan amanah yang telah dipercayakan masyarakat dengan sebaik baiknya dan jangan sampai mengecewakan masyarakat. 

Penegasan itu dikemukakan wabub ketika melantik 16 kepala desa di wilayah Kecamatan Ongka Malino, Bolano, Bolano Lambunu dan Moutong, yang dipusatkan di halaman kantor Kecamatan Bolano, Rabu (27/12). 

Menurut dia, jabatan adalah titipan yang harus dijalankan dengan baik semata mata untuk kepentingan masyarakat.

"Jabatan ini adalah titipan. Jalankan tugas ini dengan ikhlas dan sabar. Jangan sampai mengecewakan masyarakat," ucapnya.
 
Kepala desa menjadi ujung tombak pelaksanaan pembangunan di level desa, sehingga harus banyak terobosan positif yang dilakukan di desa. Kepala desa juga merupakan perpanjangan tangan pemerintah kabupaten sehingga ia meminta kepala desa berhati-hati dalam mengelola dana desa, jangan sampai salah mengelola dan berakhir di bui. 

"Saya yakin tujuan saudara-saudara ingin menjadi kepala desa bukan tergiur dengan dana desa. Kalau hanya karena itu, Tuhan maha mengetahui apa yang ada dalam isi hati saudara. Ingat sumpah yang saudara ucapkan," pesannya. 

Wabub juga meminta kades yang telah dilantik untuk mempelajari aturan perundang-undangan, khususnya yang terkait dengan desa dan pengelolaan dana desa. 

"Kepala desa harus belajar tentang aturan di desa, terutama pengelolaan dana desa. Jaga nama baik desanya jangan sampai gara-gara dana desa berakhir di Olaya (Rutan Olaya). Kepada kades yang baru dilantik, kalau tidak tahu, bertanya, rembuk dengan masayarakat dan BPD," tandasnya.

Badrun meminta kepada Dinas PMD agar Tahun 2018 pada saat HUT Kabupaten Parigi Moutong, dapat dipilih desa terbaik dalam pengelolaan dana desa. 

"Yang terbaik kasi penghargaan, saya kira cara ini akan memotivasi desa-desa di Parigi Moutong untuk mengelola dana desa dengan baik," ujarnya

Sebelumnya wabub melantik 16 kades di empat kecamatan berdasarkan SK Bupati Parigi Moutong Nomor: 141.45/1251/DPMD/2017. 

Desa-desa itu masing-masing Desa Moutong Barat, Pande Lalap dan Tuladenggi Pantai, Bolano, Bajo, Sritabaang, Bolano Tengah, Wanamukti Utara, Bolano utara, Sidomukti, Anutapura, Lambunu Timur, Tirtanagaya, Ongka Malino, Tinombala Jaya, Ongka Trimuspasari dan Persatuan Utara. 

Khusus pelantikan kades di wilayah Kecamatan Tinombo Selatan hingga Kecamatan Mepanga dijadwalkan akan dipusatkan di Desa Kotaraya, Kamis (28/12).