Stasiun kereta baru di Yerusalem akan dinamai Trump

id trump

Stasiun kereta baru di Yerusalem akan dinamai Trump

Arsip: Warga Palestina berjalan melewati mural bergambar Presiden Amerika Serikat Donald Trump di bagian perbatasan Israel, di kota Betlehem, Tepi Barat, Rabu (6/12/2017).

Yerusalem (Antaranews Sulteng) - Israel akan menamai stasiun kereta api baru dekat Western Wall, yang juga dikenal sebagai Tembok Ratapan, di Yerusalem timur yang dicaplok, dengan nama Presiden Amerika Serikat Donald Trump kata menteri transportasi negara itu.


Trump dipuji oleh negara Yahudi itu setelah mengakui Yerusalem Timur sebagai ibu kota Israel, tindakan mengubah kebijakan puluhan tahun Amerika Serikat yang melanggar hukum internasional dan memicu kecaman internasional.


Menteri Israel Katz menyetujui sebuah rencana untuk memperpanjang jalur rel kereta api berkecepatan tinggi yang sedang dibangun antara Tel Aviv dan Yerusalem ke daerah Yahudi, Jewish Quarter, di Kota Tua Yerusalem dan membangun sebuah stasiun di sebelah Western Wall menurut pernyataan kementerian yang dikutip AFP.


Stasiun di dekat dengan situs paling suci tempat orang Yahudi diijinkan beribadah itu akan dinamai "Donald John Trump" atas perintah menteri tersebut sebagai penghormatan atas "keputusan bersejarah dan berani" tentang Yerusalem.


Jalur kereta api baru yang mencakup stasiun yang akan dinamai Trump itu akan mulai menghubungkan Tel Aviv dan Jerusalem tahun 2018, memangkas waktu tempuh menjadi kurang dari 30 menit.


Keputusan kontroversial Trump soal Yerusalem telah memicu unjuk rasa warga Palestina dan ditolak dalam resolusi Majelis Umum PBB yang tidak mengikat.


Israel merebut bagian timur Yerusalem -- termasuk Western Wall -- dalam Perang Enam Hari 1967 dan kemudian mencaploknya dalam sebuah tindakan yang tidak diakui oleh masyarakat internasional.


Western Wall, sisa terakhir kuil kedua Yahudi, berada di kaki kompleks Haram al-Sharif yang mencakup Masjid Al-Aqsa dan Masjid Kubah Batu, tempat paling suci ketiga bagi umat Islam.


Israel menganggap seluruh kota Yerusalem sebagai ibu kota mereka yang tak terbagi, dan warga Palestina memandang Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara masa depan mereka. (hs)