Akhir tahun CEO Apple dapat bonus jutaan dolar AS

id apple,bonus

Akhir tahun CEO Apple  dapat bonus jutaan dolar AS

CEO Apple Tim Cook. (ANTARA News/Apple)

Jakarta (Antaranews Sulteng) - CEO Apple Tim Cook dan jajaran eksekutif lainnya di Apple dapat bonus akhir tahun, setelah perusahaan teknologi tersebut mencapai target laba dan penjualan untuk tahun fiskal 2017.

Dilansir dari laman Phone Arena, Tim Cook menerima total bonus sebesar 12,8 juta dolar AS atau sekitar Rp182,86 miliar untuk tahun fiskal 2017, naik dari 8,75 juta dolar atau sekitar Rp125 miliar pada tahun lalu, dengan peningkatan hampir 47 persen.

Keberhasilan Apple pada 2017 berkat kehadiran seri iPhone 7 yang menjadi pendorong terbesar pendapatan dan keuntungan Apple.

Perangkat sukses lainnya yang memberikan kontribusi pada keberhasilan Apple mencapai target tahunan adalah iPad Pro serta bisnis layanan yang dikembangkan Apple seperti Apple Music, Apple Pay dan iTunes.

Pada tahun fiskal 2017 Apple mencatat pendapatan tahunan sebesar 229,2 miliar dolar AS, melampaui target perusahaan yang sebesar 225,2 miliar dolar AS. Sementara itu, laba usaha mencapai 61,3 miliar dolar AS, naik dari 57,9 miliar dolar AS pada tahun sebelumnya.

Menariknya, keberhasilan pada 2017 datang setelah Apple melewatkan momen itu pada 2016. Pada 2016, bonus akhir tahun Tim Cook benar-benar turun sebesar 15 persen karena Apple tidak mencapai target finansialnya di tengah penjualan iPhone yang lebih lambat dari yang perkirakan dan penurunan salah satu pasar terbesar Apple, China.

Selain bonus akhir tahun, Tim Cook juga memegang sekitar 2,9 juta saham Apple yang dengan harga jual saat ini bernilai sekitar 500 juta dolar AS, demikian Phone Arena.