IAIN Komitmen Rawat Kerukunan Untuk Perdamaian Sulteng

id Iain

IAIN Komitmen Rawat Kerukunan Untuk Perdamaian Sulteng

Rektor IAIN Palu Prof Dr H Saggaf S Pettalongi MPd didampingi istri dan anak foto bersama peraih hadiah kulas disela-sela jalan sehat dalam rangka peringatan Hari Amal Bakti (Ke-72) Kementerian Agama RI, Selasa. (Muhammad Hajiji/antarasulteng.com)

Palu, (Antaranews Sulteng) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah berkomitmen merawat kerukunan antarsesama manusia dan umat beragama untuk meningkatkan kualitas perdamaian di daerah itu.

Rektor IAIN Palu Prof. Dr. H Saggaf S Pettalongi MPd. di Palu, Selasa, mengemukakan slogan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-72 "Sebar Perdamaian" menjadi komitmen perguruan tinggi tersebut untuk direalisasikan.

"IAIN Palu bertekad untuk meneruskan tugas dan fungsi Kementerian Agama, di bidang perdamaian antarsesama manusia dan umat beragama," katanya.

Saggaf Pettalongi mengatakan Kementerian Agama telah melakukan banyak hal untuk merawat dan meningkatkan perdamaian di Indonesia.

Oleh karena itu, kata dia, HAB Ke-72 menjadi momentum untuk refleksi dalam menyebarluaskan dan meningkatkan perdamaian.

Ia menjelaskan IAIN Palu berkewajiban menyukseskan pembangunan nasional yang diselenggarakan pemerintah, utamanya di bidang pembangunan manusia yang salah satu tujuannya mencapai kedamaian sesama manusia dan umat beragama.

"Pembangunan nasional menjaga keutuhan Republik Indonesia, IAIN Palu bertekad menjalankan tugas Kemenag, dalam rangka memberikan kemaslahatan seluruh masyarakat, utamanya di bidang umat beragama. Agar kita bisa merasakan kedamaian sesuai dengan semboyan HABb Ke-72, yaitu menebar kedamaian," ujarnya.

IAIN Palu menggelar jalan sehat sebagai bentuk peringatan HAB Ke-72 Kementerian Agama. Kegiatan itu diikuti oleh Rektor IAIN Palu Saggaf S Pettalongi, wakil-wakil rektor, dekan, wakil-wakil dekan, kabag, kasubag, ketua-ketua lembaga, dosen, pegawai negeri sipil, pegawai kontrak, dan mahasiswa.

Jalan sehat itu dimulai dari halaman depan Rektorat IAIN Palu melintasi Jalan Ponegoro, Jalan Rono dan Jalan Cumi-Cumi, dan berakhir di rektorat kampus tersebut, Selasa (2/1).

IAIN Palu menyediakan berbagai undian berhadiah dalam kegiatan itu, antara lain topi, sajadah, kompor gas, kipas angin, kaos, blender, kulkas, "dispenser", sepeda, telepon seluler, ipad, untuk peserta jalan sehat.

"IAIN Palu setiap tahun memperingati Hari Amal Bakti. Peringatan itu dirangkaikan dengan berbagai kegiatan," kata Kepala Subbagian Humas IAIN Palu Muhdar Ibrahim.

Kegiatan itu juga sebagai bentuk penguatan silaturahim seluruh civitas akademik IAIN Palu.