Petani di Parigi panen buah naga

id naga

Seorang petani memanen buah naga (ANTARA FOTO/Adhitya Hendra)

Parigi, Sulteng  (Antaranews Sulteng) - Para petani di sejumlah desa di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, kini sedang panen buah naga dan rambutan.

Nyoman Artana, warga Desa Suli, Kecamatan Sausu, Selasa mengatakan saat ini sudah memasuki musim panen raya khusus buah naga dan rambutan.

Hasil panennya cukup bagus dan harga juga sangat menggembirakan sehingga menguntungkan bagi kalangan petani di wilayah tersebut.

Hal senada juga disampaikan Putu, petani asal Desa Tolai, Kabupaten Parigi Moutong.

Dia mengatakan buah naga baru dikembangkan petani dalam dua tahun terakhir namun hasilnya cukup memuaskan karena harga buah naga di pasaran saat ini terbilang tinggi.

Ia mengatakan harga beli pedagang langsung ke petani sebesar Rp20.000/kg. Sementara buah rambutan Rp5.000/kg.

Petani di wilayah Parigi Moutong semakin gencar mengembangkan tanaman buah naga. Budidaya buah naga tidak hanya dilakukan petani di areal kebun tetapi juga di halaman rumah.

Hampir setiap halaman rumah telah ditanami buah naga karena baik untuk kesehatan tubuh. Karena itu banyak petani yang sangat tertarik mengembangkannya.

Bupati Parimo, Zamsurisal Tombolotutu mengatakan pemerintah daerah terus mendorong petani untuk diversifikasi komoditi guna meningkatkan kesejahteraan hidup petani.

"Tapi jangan sampai mengalifungsikan areal persawahan yang sudah ada dan selama ini telah menopang ekonomi petani di Kabupaten Parigi Moutong," katanya.

Dia mengaku petani Parigi Moutong cukup antusias mengembangkan buah naga karena pangsa pasarnya cukup bagus.

Di pasaran lokal buah naga cukup banyak dijual dengan harga Rp25.000/kg.

Kebanyajan hasil panen petani di pasarkan ke Kota Palu. 
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar