40 pelatih di Palu ikut seleksi pelatih

id Yunan

Arsip: Kadispora Sulteng Yunan Lampasio bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi saat menjelaskan kondisi dunia olahraga di Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu.(Foto:dokfb)

Palu, (Antaranews Sulteng) - Sebanyak 40 pelatih dari beberapa cabang olahraga di Kota Palu, Sulawesi Tengah mengikuti seleksi pelatih dan asisten pelatih.

"Seleksi sudah berlangsung beberapa hari ini," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulteng, Yunan Lampasio di Palu, Kamis.

Ia menjelaskan seleksi dimaksud untuk mendapatkan pelatih dan asisten pelatih yang akan ditempatkan di Pusat Pembinaan Latihan Pelajar (PPLP) dan PPLD (Pusat Pembinaan Latihan Pelajar Daerah).

Di Sulteng sudah ada PPLP dan PPLD. "Kalau PPLP didanai dari APBN dan PPLD dari APBD.

Yunan mengatakan hingga kini sudah ada sepuluh cabang olahraga yang dibina khusus di PPLP dan PPLD.

Cabang dimaksud antara lain karate, taekwondo, tinju, pencak silat, judo, atletik, dayung,sepaktakraw,panahan dan renang.

Sebagai upaya dalam rangka meningkatkan prestasi atlet di cabang-cabang olahraga tersebut, maka Dispora sebagai pengelolah PPLP dan PPLD merekrut pelatih dan asisten pelatih.

"Ini sangat penting. Tanpa pelatih atlet tidak akan mungkin bisa meraih prestasi terbaik di setiap iven yang diikutinya," kata Yunan.

Karena itu, kehadiran pelatih berkualitas sangat dibutuhkan untuk melahirkan atlet-atlet berperstasi yang kelak bisa menjadi aset daerah dan juga bangsa.

Sulteng, kata Yunan selama ini sudah banyak mencetak atlet-atlet nasional dari berbagai cabang olahraga seperti sepak takraw, pencak silat, dayung, atletik dan karate.

Sebagai daerah yang sudah banyak melahirkan atlet nasional, bahkan pelatih nasional, Sulteng terus berusaha untuk meningkatkan pembinaan terhadap cabang olahraga yang selama ini memiliki catatan prestasi bagus.

Ketua Umum KONI Sulteng, Anwar Ponulele mendukung sepenuhnya langkah yang dilakukan Dispora Sulteng melaksanakan perekrutan pelatih dan asisten pelatih.

"Ini sangat penting dalam rangka meningkatkan prestasi atlet yang dibina lewat PPLP dan PPLD," katanya.

Dia juga mengaku beberapa diantara atlet yang mengukir prestasi nasional berasal dari PPLP/PPLD.

Bahkan, kata dia, ada beberapa atlet dari sejumlah cabang olahraga yang kini mengikuti pelatnas Asian Games di Jakarta.

Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar