Pemkab Sigi Miliki Tujuh Desa Kawasan Agrowisata

id sigi, bupati, agrowisata

Pemkab Sigi Miliki Tujuh Desa Kawasan Agrowisata

Bupati Sigi, Irwan Lapata (foto atara/Anas Masa) (foto atara/Anas Masa/)

Selain memiliki luas areal yang cukup mendukung, juga tanah dan iklimnya cocok.
Sigi, Sulteng, (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah saat ini telah memiliki tujuh desa sebagai kawasan pengembangan agrowisata di daerah itu.

Bupati Sigi Irwan Lapata di Sigi, Selasa, mengatakan tujuh desa yang masuk dalam kawasan pengembangan agrowisata tersebut adalah Desa Boro, Watunotju, Soulowe, Oloboju, Sidera, Pombewe, dan Jonoge.

Semua desa kawasan agrowisata berada dalam wilayah Kecamatan Sigi Biromaru.

Untuk memasarkan berbagai produk olahan yang dihasilkan petani, kata Irwan, beberapa waktu lalu tujuh desa di kawasan agrowisata telah membentuk dan membangun rumah pajang yang dikelolah oleh BUMDes.

Produk-produk yang telah diproduksi petani di tujuh kawasan agrowisata di Kabupaten Sigi, antara lain bawang goreng, keripik ubi, dan abon kelor.

Semua bahan baku berasal dari produksi petani di kawasan agrowisata.

Bupati Irwan berharap para petani di kawasan tersebut terus meningkatkan produksi pertanian, seperti selama ini yang mereka lakukan, antara lain padi, jagung, dan kedelai (pajale), komoditas hortikultura bawang, cabai, tomat, kubis, sawi, kacang panjang, ubi, terong, buah naga, pepaya, jeruk menis, melon, dan semangka.

Selain itu, katanya, harus dikembangkan juga peternakan sapi potong untuk mendukung program swasembada daging nasional.

Desa yang berada dalamn kawasan agrowisata, kata dia, cocok bagi pengembangan berbagai tanaman pertanian dan peternakan.

Selain memiliki luas areal yang cukup mendukung, juga tanah dan iklimnya cocok.

Khusus bawang goreng yang selama ini menjadi produk unggulan Sulteng, kata dia, bahan bakunya cukup tersedia dan kebanyakan produksi petani di tujuh desa kawasan pertanian terintegrasi tersebut.

Kota Palu, kata dia, selama ini menjadi pasar utama bahan baku bawang goreng dari Kabupaten Sigi. Palu berbatasan langsung dengan Kabupaten Sigi sehingga untuk pemasaran berbagai komoditas yang dihasilkan para petani di Kabupaten Sigi, tidak mengalami kesulitan.

Oleh karena itu, Bupati Irawan terus mendorong petani di daerahnya meningkatkan produksi, baik sektor pertanian, perkebunan, peternakan, maupun perikanan danau.

Sigi merupakan satu-satunya daerah di Sulteng yang tidak mempunyai laut dan juga lokasi pertambangan emas seperti yang dimiliki daerah lainya di provinsi itu.

Sektor unggulan Kabupaten Sigi adalah pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan danau, dan pariwisata.