Gubernur: menyebar damai adalah panggilan dasar beragama

id natal,bamag,palu,longki

Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola, MSi (Foto: Humas Pemprov)

Kakanwil Kemenag: saya harap umat Kristiani menjadi barometer kehidupan beragama rukun yang damai

Palu (Antaranews Sulteng) - Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola, MSi menegaskan bahwa menyebar damai ke masyarakat sesungguhnya merupakan panggilan mendasar seluruh umat beragama. 

"Pada gilirannya perayaan keagamaan akan menyadarkan kita kepada panggilan dasar beragama yaitu menyebar kedamaian, cinta kasih dan kesejahteraan di bumi ini sebagai tempat yang layak dihidupi dan diperjuangkan bersama-sama oleh semua umat beragama," katanya. 

Pesan Gubernur Longki Djanggola itu disampaikan oleh Asisten Perekonomian Setdaprov Sulteng Dr Bunga Elim Somba, MSc pada acara syukuran Natal dan Tahun Baru yang diselenggarakan Badan Musyawarah antar-Gereja (Bamag) Sulawesi Tengah, Hotel Sya Palu, Senin (15/1) malam. 

Perayaan Natal, kata gubernur, mesti disambut suka cita dan disertai penyerahan diri agar bertumbuh kuat keteguhan iman dalam menerima sang juru selamat sebagai sentral yang memerintah tiap insani untuk membawa kabar bahagia, dan damai sejahtera ke semua umat manusia. 

Bamag Sulteng yang mewadahi 5 sinode dan 1.800 gereja dipandang penting dalam menjaga tri kerukunan umat beragama, melindungi kesakralan agama dan memandu umat merawat kebhinekaan. 

Karena itu, ibadah syukur tersebut diharapkan dapat menyerap dan mentransfer nilai-nilai esensifnya untuk me-refresh gairah umat nasrani dalam bekerja dan berkarya secara nyata di ladang-ladang amal yang telah Tuhan sediakan, tanpa kenal lelah, dengan apapun peran dan profesi saudara masing-masing. 

Kakanwil Kementerian Agama Sulteng Abdullah Latopada menyeru umat Kristen Sulteng untuk menyebar berkah natal ke seluruh umat manusia dengan begitu baru bisa disebut bermakna. 

"Saya harap umat Kristiani Sulawesi Tengah menjadi barometer kehidupan beragama yang damai dan rukun dengan dimotori Bamag," ujarnya. 

Sementara Ketua Bamag Sulteng Lucky Semen mengatakan sejak dilantik pada 27 November yang lalu, jajarannya telah proaktif menyelenggarakan berbagai kegiatan-kegiatan pembinaan umat.  

"Antara lain seminar, ibadah syukur natal dan pembinaan di kota dan kabupaten serta riset dan studi meningkatkan kehidupan beragama di Sulawesi Tengah," jelasnya. (Humas Pemprov/Harold)

. Foto bersama Asisten Perekonomian Setdaprov Sulteng dan tokoh agama di daerah ini usai perayaan Natal Bamag Sulteng di Hotel Sya Palu, Senin (15/1) malam (Antaranews Sulteng/Harol) (Antaranews Sulteng/Harol/)


Pewarta :
Editor: Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar