Bulog Sulteng jual 500 ton beras OP

id beras,bulog

Bulog Sulteng jual 500 ton beras OP

Beras Bulog (Foto antara/Anas Masa)

Palu,  (Antaranewes Sulteng) - Bulog Sulawesi Tengah hingga kini telah menjual sekitar 500 ton beras melalui operasi pasar (OP) di daerah itu.

"Beras sebanyak itu merupakan hasil pengadaan lokal pada 2017," kata Kepala Perum Bulog Sulteng, Khozin di Palu, Rabu.

Ia mengatakan sudah berlangsung dua pekan terakhir ini Bulog di kabupaten/kota di Sulteng menggelar OP untuk menjaga stabilitas harga beras di tingkat pengecer.

Meskipun di Kota Palu dan kabupaten lainnya di Sulteng harga beras terbilang normal, namun untuk mengantisipasi masa paceklik menunggu musim panen, Bulog diinstruksikan melaksanakan OP di masing-masing daerah.

Khusus untuk ketersediaan dan harga beras di Sulteng, Khozin mengatakan cukup aman dan terkendali karena stok beras dikuasai Bulog dan di tingkat para pedagang memadai.

Meski panen belum tiba, suplai beras dari produsen ke pasar-pasar tradisional di seluruh wilayah Sulteng tetap berjalan lancar.

Seperti di Kota Palu, persediaan beras di pasar tradisional cukup banyak dan harga relatif stabil. "Kalaupun naik, tingkat kenaikannya relatif kecil," kata dia.

Para pedagang tidak akan berani menaikkan harga secara sporadis, sebab beras yang dijual di pasar tidak hanya berasal dari petani lokal, tetapi juga didatangkan pedagang dari luar daerah seperti dari Sulsel dan Sulbar.

Hasil monitoring selama OP dilaksanakan Bulog dengan menjual beras medium seharga Rp8.500/kg dampaknya sangat besar dirasakan masyarakat.

Hal itu karena harga beras medium dijual para pedagang di pasar selama ini berkisar Rp9.000an/kg. Sementara Bulog menjual beras medium Rp8.500/kg.

Otomatis, masyarakat lebih memilih membeli beras Bulog karena harga relatif lebih murah dibandingkan harga beras sama dijual pedagang pengecer.

Pelaksanaan OP dilakukan Bulog sampai tiba musim panen raya. Panen raya di Sulteng berlangsung Maret-April 2018. Tetapi pada pertengahan Februari 2018 sudah mulai ada panen di beberapa tempat di Sulteng.