DPRD Dukung Konferensi Islam Internasional Di Palu

id Iain

DPRD Dukung Konferensi Islam Internasional Di Palu

Silaturahmi pimpinan IAIN Palu dengan DPRD Sulteng berlangsung di ruangan Komisi IV, Kamis. (Muhammad Hajiji/antarasulteng.com)

Palu, (Antaranews Sulteng) - DPRD Sulawesi Tengah mendukung penuh konferensi Islam internasional bertajuk "Annual International Conference On Islamic Studies (AICIS)" XVII yang menunjuk Kota Palu sebagai tempat penyelenggaraan.

"Secara kelembagaan kami mendukung pelaksanaan AICIS di Palu. Dukungan moril sudah sangat banyak, luar biasa. Namun perlu diikutkan dengan dukugan pendanaan," kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sulteng Zainuddin Tambuala di Palu, Kamis.

AICIS merupakan salah satu kegiatan skala nasional dan internasional di bawah naungan Kemenag.

Kemenag menetapkan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu sebagai tuan rumah penyelenggaran kegiatan berskala internasional AICIS 2017 lewat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 7051 Tahun 2016 tentang Tuan Rumah Pelaksana AICIS Ke-17 pada 2017.

Menurut Zainuddin, IAIN Palu selaku tuan rumah penyelenggara harus membangun sinergitas melibatkan para pihak seperti Pemprov Sulteng, Pemkot Palu, Pemkab Sigi dan Pemkab Donggala.

Karena itu, IAIN Palu mengomunikasikan AICIS dengan pihak - pihak tersebut untuk meraih dukungan.

"Jika AICIS dapat dikomunikasikan dengan baik dengan pihak-pihak tersebut, maka dukungan anggaran akan di berikan," kata Zainuddin.

Politisi Partai Keadilan Sejahterah ini memandang Pemprov sulteng harus berpartisipasi terhadap pelaksanaan dan kesuksesan AICIS 2018 di Palu Karena AICIS menjadi salah satu momen penting untuk promosi potensi wisata, budaya dan kuliner khas daerah.

"Kehadiran 3.000 peserta di Kota Palu akan memberikan dampak yang besar terhadap daerah itu. Karena itu Pemkot Palu juga harus mengelola dengan baik AICIS tersebut," ujarnya.

Hal yang sama dikemukakan Sekretaris Komisi IV DPRD Sulteng Marlela yang menyebut semakin banyak kegiatan nasional didaerah, maka dengan sendirinya daerah ini akan terpromosikan.

Komisi IV bersepakat untuk mendorong penambahan anggaran pelaksanaan AICIS di Palu lewat perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah provinsi tersebut.

Sekretaris panitia pelaksana AICIS-XVII di Palu Dr Hilal Malarangan menguraikan kegiatan skala nasional dan internasional itu direncanakan digelar pada September 2018.

Kegiatan ini tidak hanya memberi dampak terhadap IAIN Palu, tetapi juga berdampak terhadap ekonomi dan pariwisata Kota Palu dan Sulawesi Tengah.

"Olehnya AICIS 2018 akan dirangkaikan dengan pelaksanaan Festival Pesona Palu Nomoni," katanya.

Dukungan Komisi IV DPRD Sulteng terungkap saat menerima kunjungan silaturahmi pimpinan IAIN Palu yang terdiri atas Wakil Rektor Bidang Administrasi, Keuangan dan Perencanaan Dr Kamaruddin, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Iskandar Nasaruddin dan Dekan Fakultas Syariah Ekonomi Islam sekaligus sekretaris panitia AICIS Dr Hilal Malarangan.

Legislator yang hadir dalam pertemuan itu adalah Sekretaris Komisi IV Marlela dan Ketua Komisi IV Zainuddin Tambuala serta anggota, Umar Awad Alamri.