Bulog Sulteng mulai salurkan bansos

id bansos,bulog

Bulog Sulteng mulai salurkan bansos

Perum Bulog Sulawesi Tengah mulai menyalurkan beras bantuan sosial kepada masyarakat rumah tangga sasaran khusus yang ada di Kota Palu. (Foto antara/anas masa) (Foto antara/anas masa/)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Perum Bulog Sulawesi Tengah mulai menyalurkan beras bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat rumah tangga sasaran khusus yang ada di Kota Palu.

Bansos dalam beberapa hari ini baru untuk jatah RTS (Rumah Tangga Sasaran) di wilayah Ibu Kota Provinsi Sulteng, kata Kepala Bidang Pengadaan Bulog Sulteng Bahar Haruna di Palu, Jumat.

Ia mengatakan khusus penerima bansos di Kota Palu sesuai data dari Dinas Sosial sebanyak 12.378 kepala keluarga (KK).

Jatah beras yang disalurkan kepada masyarakat di delapan kecamatan di Kota Palu yakni Palu Barat, Palu Timur, Palu Selatan, Palu Utara,Ulujadi, Tatanga, Mantikulore dan Taweli untuk satu bulan (Januari 2018).

Dia menjelaskan kalau sebelumnya beras dibayar penerima dengan harga Rp1.600/kg, tetapi kini jatah bansos sama sekali tidak dibayar.

"Jadi jatah bansos yang diterima RTS gratis," kata Bahar.

Namun demikian, kata dia, penerima bansos harus mengetahui bahwa jatah beras telah dikurangi oleh pemerintah pusat dari sebelumnya setiap KK RTS memperoleh jatah beras subsidi tersebut berjumlah 15 kg, kini hanya 10 kg.

Jumlah jatahnya dikurangi, tetapi harganya gratis.

Menyangkut jatah bansos untuk RTS khusus di Kota Palu hanya dilayani sampai Juni 2018. Setelah itu bansos akan disalurkan dengan menggunakan kartu melalui program BPNT (Bantuan Pengan Non Tunai).

Sementara untuk seluruh kabupaten di Sulteng masih tetap sama seperti sekarang ini.

Pendistribusian bansos dari Perum Bulog hanya sampai di kelurahan/desa. Selanjutnya menjadi tanggung jawab pemerintah desa untuk menyalurkan kepada RTS di wilayahnya.

Bahar menambahkan Bulog Sulteng yang pertama kali menyalurkan jatah bansos untuk RTS. "Sulteng merupakan pertama daerah yang teleh merealisasi penyaluran bansos," kata dia.

Data jumlah penerima bansos di Provinsi Sulteng pada 2016 ini sebanyak 201.863 kk atau turun dibanding sebelumnya 201.887 kk tersebar di 13 kabupaten/kota di daerah ini.

Sedangkan jumlah jatah bansos setiap bulan yang akan disalurkan Bulog pkepada RTS di Sulteng rata-rata 2.000an per bulan atau berkurang dibandingkan 2017 mencapai 3.000an.