Jokowi: ITERA lahirkan generasi siap industri digital

id jokowi

Jokowi: ITERA lahirkan generasi siap industri digital

Presiden Joko Widodo (Foto antara)

Saya ingin agar mahasiswa-mahasiswa di sini nantinya bisa ikut mengejar, terutama menyongsong revolusi industri 4.0...

Lampung Selatan, (Antaranews Sulteng) - Presiden Joko Widodo berharap institusi pendidikan tinggi seperti Institut Teknologi Sumatera (Itera) menjadi wahana bagi para mahasiswa untuk mempersiapkan diri menyambut datangnya era revolusi industri yang berbasis digital. 

Presiden Joko Widodo saat melakukan peninjauan kampus Itera di Lampung Selatan, Minggu, mengatakan keinginannya agar mahasiswa Itera bisa menyongsong revolusi industri.

"Saya ingin agar mahasiswa-mahasiswa di sini nantinya bisa ikut mengejar, terutama menyongsong revolusi industri 4.0 yang sekarang ini semuanya membutuhkan 'engineer-engineer', membutuhkan 'coder' yang saya lihat di sini fakultasnya sudah menuju ke arah itu," kata Presiden kepada wartawan usai peninjauan.

Menurut Presiden, tantangan ke depan bagi para mahasiswa adalah bagaimana penggunaan teknologi kecerdasan buatan dan juga bio teknologi dapat diterapkan ke dalam kehidupan di sekitar kita . "Saya kira ini akan dikejar, salah satunya dengan percepatan pembangunan di kampus Institut Teknologi Sumatera ini," ucapnya seperti disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Di kampus yang luasnya mencapai 275 hektare itu, beberapa infrastruktur antara lain gedung fakultas dan jalan akses masuk telah dibangun melalui bantuan dana pemerintah pusat pada tahun 2017.

"Beberapa gedung tahun yang lalu sudah kita bantu dari pemerintah pusat senilai Rp50-an miliar, kemudian jalan di depan juga kita bantu untuk akses baik dosen, mahasiswa, masyarakat agar gampang menuju ke Itera," ujar Presiden.

Selain itu, saat ini telah tersedia tiga gedung asrama mahasiswa yang nantinya akan ditambah lagi menjadi total lima gedung asrama. Adapun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pada tahun lalu juga telah membangun tujuh embung guna menjaga kondisi air tanah.

"Tahun ini kita tambah lagi dua asrama. Sehingga dua asrama, tiga gedung dari Dikti dan satu dari BUMN agar ada percepatan pembangunan Itera ini," tutur Presiden.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam peninjauan ini, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur Lampung Ridho Ficardo.