Bulog Sulteng tambah titik penjualan beras

id bulog,pasar murah

Bulog Sulteng tambah titik penjualan beras

Ilustrasi--Operasi pasar oleh Bulog (antaranews)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Bulog Sulawesi Tengah terus menambah titik-titik penjualan beras selama operasi stabilisasi harga berlangsung untuk menjaga stabilisasi harga yang cenderung naik akhir-akhir ini.

Kepala Perum Bulog Sulteng, Khozin di Palu, Minggu mengatakan dalam rangka mengamankan stok dan harga beras di pasaran, pihaknya melaksanakan intervensi pasar dengan menjual beras.

Bulog, kata Khozin, menjual beras medium dan premium, tetapi harganya di bawah harga pasar maupun Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Selain di dua pasar tradisional di Kota Palu, juga ada operasi pasar dilaksanakan di beberapa pasar kecamatan dalam wilayah Palu.

"Kami maksimalkan operasi pasar dengan membuka outlet penjualan beras di pasar tradisional dan juga di kios milik warga dengan catatan harga tidak boleh melebihi standar harga yang telah ditetapkan pemerintah.

Dia berharap dengan semakin banyak titik operasi pasar mampu menekan kenaikan harga beras di pasaran.

Kenaikan harga beras saat ini terjadi hampir menyeluruh di setiap daerah dan pemicunya adalah karena belum memasuki musim panen, yang baru akan berlangsung pada Maret dan April 2018.

Kondisi ini juga diduga karena tindakan spekulasi para pedagang yang memanfaatkan kondisi pasar.

Selain operasi pasar, Bulog Sulteng juga mempercepat penyaluran beras bantuan sosial atau selama ini dikenal raskin atau rastra.

Khusus penyaluran bansos di Sulteng, baru dilakukan Bulog untuk warga miskin di Kota Palu sementara kabupaten belum, tetapi akan diupayakan secepatnya.