Indonesianext mahasiswa Makassar wakili Indonesia ke Francisco

id indonesianext, makassar

Indonesianext mahasiswa Makassar wakili Indonesia ke Francisco

CEO General Electric Indonesia, Handry Satriago tampil sebagai pembicara dihadapan ratusan mahasiswa dalam program Indonesia Next 2017 di kampus Unhas, Makassar, Senin (14/11). (ANTARA FOTO/Dewi Fajriani/aww/17)

Selamat kepada para pemenang yang sudah membuktikan diri menjadi yang terbaik dalam IndonesiaNEXT

Makassar,  (Antaranews Sulteng) - Dari 10 pemenang dalam seleksi IndonesiaNext 2017, tiga diantaranya merupakan mahasiswa asal Makassar ikut mewakili Indonesia dalam ajang Short Course di San Francisco, Amerika Serikat.   

"Selamat kepada para pemenang yang sudah membuktikan diri menjadi yang terbaik dalam IndonesiaNEXT," sebut Vice President Sales and Marketing Area Pamasuka Herry Setiawan di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu.

Pihaknya berharap anak-anak muda Indonesia mampu memberikan inspirasi bagi lingkungan sekitarnya, serta meningkatkan kecakapan dan kompetensi millennials ini untuk bersaing secara global.

Tiga perwakilan dari Makassar masing-masing Azmil Ihsan dari UIN Alauddin Makassar, Nur Awalia Syahri Ramadhani dari Universitas Hasanuddin (Unhas), dan Rahmat Ramdhani dari Universtias Negeri Makassar (UNM).

Diketahui, ajang IndonesiaNEXT 2017 diikuti lebih dari 11 ribu peserta dari seluruh Indonesia, hingga akhirnya menyisakan 30 peserta berasal dari berbagai perguruan Tinggi di Indonesia untuk berkompetisi di tingkat nasional.

Para peserta terbaik nasional IndonesiaNEXT sebelumnya telah melalui beberapa seleksi, mulai dari pelatihan dan pengujian kemampuan menggunakan aplikasi presentasi dan desain bersertifikasi, kemampuan berkomunikasi di depan publik.

Selanjutnya, pelatihan soft dan hard skills lainnya. Babak kualifikasi yang berlangsung pada bulan Oktober hingga November 2017 di enam kota tersebut menghasilkan 30 besar peserta nasional.

Dari total 30 peserta, hanya lima peserta perwakilan dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan yang lolos. Kemudian diseleksi kembali dan berhasil lolos tiga orang perwakilan.

Pada tahap akhir kualifikasi tingkat nasional yang berlangsung pada pertengahan bulan Januari 2018 di Jakarta, para peserta mengikuti serangkaian kegiatan bootcamp yang menguji kemampuan mempresentasikan ide secara menyeluruh di hadapan para juri.

Selain sepuluh peserta terbaik nasional yang akan berkunjung ke San Francisco, 20 peserta lainnya juga mendapatkan kesempatan memperoleh pengetahuan mengenai dunia profesional pada beberapa perusahaan di Singapura.

"Terima kasih kepada Telkomsel yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk bisa meningkatkan kompetensi dalam menghadapi persaingan dunia profesional yang semakin ketat," kata Rahmat Ramdhani perwakilan dari UNM,

Rahmat mempresentasikan materi tentang penggunaan teknologi untuk meningkatkan pendidikan di pulau terpencil di Indonesia. Sedangkan Azmil Ahsan peserta dari UIN Alauddin Makassar mempresentasikan ide tentang alpilkasi 'Ibu Pintar' yang dapat mengurangi angka kematian ibu hamil.

Sementara Nur Awalia Syahri Ramadhani peserta dari Universitas Hasanuddin mempresentasikan ide untuk mengembangkan program minat baca masyarakat.

IndonesiaNEXT yang merupakan program unggulan CSR Telkomsel berupa sertifikasi yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan mempersiapkan keahlian mahasiswa dalam menghadapi persaingan global yang lebih kompetitif.

Mengambil tema 'Get Ready to Be The Next' program ini dihadirkan untuk dapat menjawab kebutuhan persaingan di dunia profesional yang semakin kompetitif, di mana sertifikasi merupakan salah satu modal mahasiswa ketika memasuki dunia kerja.

Sertifikasi ini juga dapat digunakan oleh para mahasiswa sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). IndonesiaNEXT 2017 diisi dengan rangkaian acara berupa seminar yang memberikan inspirasi bagi para mahasiswa, pelatihan kompetensi, dan ditutup dengan program ujian sertifikasi tingkat nasional dan internasional.