Kerukunan umat jadi tanggungjawab tiap individu

id hidayat,natal

Kerukunan umat jadi tanggungjawab tiap individu

Sekretaris Daerah Provinsi Drs. H Mohamad Hidayat, MSi saat menghadiri ibadah syukur Natal dan Tahun Baru 2018 Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) Sulawesi Tengah di GPID Manunggal (HSN/HUMAS PROVINSI)

Palu (Antaranews Sulteng) - Gubernur Sulteng diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Drs. H Mohamad Hidayat, MSi saat menghadiri ibadah syukur Natal dan Tahun Baru 2018 Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK) Sulawesi Tengah di GPID Manunggal, Palu, meminta agar perayaan tersebut dijadikan media introspeksi dalam kehidupan, dan yang terpenting adalah meningkatkan nilai-nilai keimanan. 


Selain itu, momentum yang baik itu juga, kata Hidayat, sebagai media meningkatkan kerukunan dan kebersamaan antara masyarakat Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah, dengan terus membangun persaudaraan yang kuat. 

Hidayat dalam kesempatan tersebut juga mengajak kepada jemaat gereja, untuk dapat memaknai natal bersama dengan membangun motivasi, semangat dan komitmen agar senantiasa melakukan perbaikan dalam masing-masing pribadi. 

Secara khusus Hidayat meminta agar menghilangkan rasa persaingan dan perbedaan, antar umat beragama dan antar etnis. Tatapi keduanya harus ditingkatkan rasa solidaritas. Hidayat pun mengatakan komitmen pemerintah untuk selalu hadir guna memenuhi undangan yang diterima dari semua elemen masyarakat. Untuk itu kepada semua elemen masyarakat agar terus berusaha untuk menjaga kerukunan dan kebersamaan di daerah yang kita cintai Sulawesi Tengah. 


Ia menjelaskan, bagaimana berbagai usaha yang telah dilakukan guna menepis stigma negatif Sulawesi Tengah di masa lampau. Maka setiap individu maupun organisasi masyarakat memiliki kewajiban yang sama dengan pemerintah daerah. Untuk bersama mencegah pemecah belah persaudaraan di bumi Tadulako. “Mari bersama berusaha agar tidak ada yang dapat memecah belah persatuan kita”, seru Hidayat. 


Senada dengan apa yang dikatakan Sekda Hidayat, ketua pimpinan daerah kerukunan keluarga Kawanua Sulteng  Dr Loddy Surentu, MPd.MM,  menegaskan bahwa masyarakat Manado maupun Minahasa yang ada disini telah menjadikan Palu Sulawesi Tengah sebagai kampung halamannya, pasalnya ia mengatakan, bahwa telah banyak, bahkan hampir semua jajaran pengurus dilahirkan dan dibesarkan disini. 


“Palu sudah menjadi tanah dan tumpah darah kami, karena sudah banyak pengurus yang sudah lahir disini, kami ingin melestarikan kearifan lokal yang ada di Minahasa kita disini”, kata  Loddy Surentu.


Menanggapi apa yang disampaikan Sekda Hidayat, wakil ketua kerukunan KawanuaAKBP Teddy Salawati juga menyatakan kesiapannya guna mendukung program pemerintah. Karena menurutnya kerukunan keluarga Kawanua juga memiliki kepentingan yang sama, yaitu terciptanya kerukunan sesama anak bangsa. “Saya berharap program KKK kedepan agar kita dapat bekerjasama dengan pemerintah dan K3 siap membantu pemerintah. Bersama kita maju dan memajukan Sulawesi Tengah”, Kata Teddy. Yang kemudian ditutup dengan jamuan makan malam yang dipimpin oleh Pdt. Jimmy Mintamaris.