Gedung teater tertutup taman budaya resmi difungsikan

id lamakarate,gedung

Gedung teater tertutup taman budaya resmi difungsikan

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola diwakili Sekretaris Provinsi Hidayat Lamakarate meresmikan penggunaan kembali Gedung Teater Tertutup Unit Pelaksana Teknis Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng, Selasa (6/1) (humas pemrov)

Kalau target pendapatan 2018 dari Gedung Teater Tertutup ini hanya Rp30 juta kita gratiskan saja. Nanti kita (Pemprov) yang bayar Rp30 juta. Biaya operasional untuk gedung ini kan sudah ada. Jadi untuk masyarakat tidak usah kita pungut biaya

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola diwakili Sekretaris Provinsi Hidayat Lamakarate meresmikan penggunaan kembali Gedung Teater Tertutup Unit Pelaksana Teknis Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng, Selasa (6/1) (humas pemrov)Palu,  (Antaranews Sulteng) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola diwakili Sekretaris Provinsi Hidayat Lamakarate meresmikan penggunaan kembali Gedung Teater Tertutup Unit Pelaksana Teknis Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng, Selasa.

Peresmian penggunaan kembali gedung itu ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Hidayat Lamakarate disaksikan Dewan Kesenian Daerah provinsi dan Dewat Adat.

Hidayat menginstruksikan kepada jajaran UPT Taman Budaya agar tidak memungut biaya sepeserpun kepada masyarakat atau kelompok seni yang ingin menggunakan gedung tersebut untuk kegiatan-kegiatan kesenian.

"Kalau target pendapatan 2018 dari Gedung Teater Tertutup ini hanya Rp30 juta kita gratiskan saja. Nanti kita (Pemprov) yang bayar Rp30 juta. Biaya operasional untuk gedung ini kan sudah ada. Jadi untuk masyarakat tidak usah kita pungut biaya," imbaunya.

Sekretaris Provinsi Hidayat Lamakarate meresmikan penggunaan kembali Gedung Teater Tertutup Unit Pelaksana Teknis Taman Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng, Selasa (6/1) (humas pemrov)

Karena digratiskan, Sekprov mengimbau kepada masyarakat atau kelompok seni yang akan menggunakan gedung itu, lewat UPT Taman Budaya untuk menjaga fasilitas yang tersedia di gedung itu sehingga terus terawat.

"Tinggal kita sampaikan kepada para pengguna agar menjaga dan merawat dengan baik karena gedung ini milik kita semua," katanya.

Ia juga meminta agar gedung tersebut tidak hanya untuk kegiatan-kegiatan kesenian tertentu saja namun semua kegiatan yang bernafaskan seni.

Sementara itu Kepala UPT Taman Budaya Sri Ramlah Sari mengatakan revitalisasi Gedung Teater Tertutup tersebut didanai melalui dana APBN dan APBD provinsi tahun 2017.

Sri Ramlah menyampaikan bahwa alokasi anggaran untuk gedung teater oleh pemerintah pusat? hanya untuk empat provinsi di Indonesia, satu diantaranya untuk Sulawesi Tengah.

Sri mengatakan dengan pemanfaatan Gedung Teater Tertutup itu nantinya akan meningkatkan PAD melalui berbagai kegiatan pertunjukan karena gedung bersama fasilitasnya itu sudah sangat representatif.

Sri berharap pegiat seni di daerah itu dapat mempergunakan gedung tersebut untuk pengembangan jiwa seni.