Pasien bibir sumbing di Palu jalani operasi gratis

id nasdem,bibir sumbing

Tim medis dan seorang pasien bibir sumbing yang baru selesai menjalani pembedahan di RS Siti Masyitha Palu, Rabu (7/2) (Antaranews Sulteng/Istimewa)

22 pasien lagi siap untuk dioperasi
Palu (Antaranews Sulteng) - Sebanyak tiga belas pasien bibir sumbing dari beberapa kabupaten di Sulawesi Tengah, berhasil dipulihkan setelah menjalani operasi di Rumah Sakit Siti Masyitha, Rabu (7/9) yang biayanya ditanggung oleh kader Partai Nasdem.

Operasi itu terlaksana atas kerja sama DPW Garnita Malahati Nasdem dan Smile Center melalui Pusat Pelayanan Paripurna Penderita Celah Bibir dan Langit-Langit (P4CBL) RS Siti Masyitha Sulawesi Tengah dan RS Bayangkara Palu.

"DPW Garnita Malahati baru saja menyelesaikan operasi bibir sumbing, pasien yang berhasil di operasi sebanyak 13 pasien," kata Wakil Ketua Bidang Media DPW Nasdem Sulteng Mohammad Hamdin.

Ketua DPW Garnita Malahayati Sulteng Rostin Tumaloto mengatakan, awal 2018, organisasi sayap partai yang dipimpinnya melaksanakan aksi sosial dengan membantu penyembuhan 13 orang pasien penderita bibir sumbing yang terdiri dari 11 orang anak dan 2 orang dewasa. Mereka berasal dari Kabupaten Tolitoli 4 orang, Poso 2 orang, Banggai 1 orang, Donggala 1 orang, Parigi Moutong 2 orang, Sigi 1 orang dan Kota Palu 2 orang.

Rostin menguraikan total pasien penderita bibir sumbing yang telah tertangani sejak program sosial organisasi mereka diturunkan pada 22 Desember 2017, sudah berjumlah 15 orang setelah sebelumnya dua orang ditangani di rumah sakit yang sama.

?Rostin berterima kasih kepada awak media yang sudah membantu mempublikasikan kegiatan ini sehingga diketahui oleh masyarakat umum utamanya keluarga penderita bibir sumbing di Sulawesi Tengah.

Ia juga mengatakan bahwa respon dari keluarga penderita bibir sumbing terhadap kegiatan sosial yang membedah keluarga mereka hingga sembuh dan gratis sangat baik.

Menurut Rostin, saat ini telah terdata 22 penderita bibir sumbing masing-masing 7 orang dari Kabupaten Banggai Laut, 5 orang dari Morowali, 2 orang dari Tojo Unauna, 4 orang dari Poso, 2 orang dari Parigi Moutong dan 2 orang penderita dari Kota Palu untuk menjalani pembedahan berikutnya.

Rostin juga menyampaikan terima kasih dari keluarga penderita kepada Partai Nasdem, khususnya Ahmad M Ali, Anggota DPR RI Fraksi Partai Nasdem yang telah berpartisipasi membantu biaya mobilisasi pasien dari kampung ke Kota Palu untuk menjalani operasi.
Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar