Masyarakat dimudahkan kuliah di IAIN Palu

id iain

Masyarakat dimudahkan kuliah di IAIN Palu

Prof Dr H Saggaf Pettalongi, MPd (Antaranews Sulteng/Istimewa) (Antaranews Sulteng/Istimewa/)

Palu, (Antaranews Sulteng) - Masyarakat di Provinsi Sulawesi Tengah dimudahkan untuk mendaftar kuliah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu.

Rektor IAIN Palu Prof Dr H Saggaf S Pettalongi MPd menekankan kepada bagian penerimaan mahasiswa baru untuk tidak mempersulit pendaftar kuliah tahun 2018.

"Jika siswa-siswi yang mendaftar administrasinya belum lengkap, maka terima saja. Administrasi lainnya bisa menyusul," kata Saggaf di Palu, Kamis.

Saggaf menyebut setiap siswa-siswi alumni pondok pesantren, madrasah aliyah, serta SLTA sederajat dari berbagai daerah berhak untuk menimbah ilmu di IAIN Palu.

Karena itu, aparatur sipil negara yang bertugas di bagian penerimaan mahasiswa baru tidak mengurangi dan membatasi hak pendaftar untuk menimbah ilmu di IAIN Palu.

"IAIN adalah perguruan tinggi milik negara yang berkewajiban menyelenggarakan pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Olehnya jangan ada pembatasan hak masyarakat untuk menimbah ilmu di IAIN Palu," katanya.

Tidak hanya itu, IAIN juga akan membantu meringankan beban mahasiswa baru semester satu melalui program bidik misi.

Hal ini sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian sosial negara lewat IAIN Palu dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan pemerataan akses pendidikan kepada masyarakat.

Saat ini, urai Saggaf, IAIN Palu mulai membuka proses penerimaan mahasiswa baru yang diawali dengan proses Seleksi Prestasi Akademik Nasional - Ujian Masuk (SPAN-UM) PTKIN 2018.

Dimulai dengan agenda pengisian PDSS pada 30 Januari - 24 Februari, validasi PDSS mulai 2 Februari - 3 Maret, pendaftaran 1 - 29 Maret 2018, proses seleksi tahap satu pada 09 - 14 April, seleksi tahap dua pada 18 - 25 April, pengumuman 1 Mei, kemudian registrasi pada 22 Mei 2018.

Selanjutnya jalur UM-PTKIN pembayaran pada 12 April - 5 Mei 2018, pendaftaran 12 April - 8 Mei 2018, pelaksanaan ujian pada tanggal 22 Mei 2018, pengumuman 10 Juli 2018. Kemudian jalur lokal/mandiri pendaftaran mulai pada Mei - Agustus 2018.