Samsurizal Tombolotutu-Badrun Nggai segera cuti pilkada

id Kpu,Parigi

Calon Bupati dan Wakil Bupati Petahana, Samsurizal Tombolotutu-Badrun Nggai tiba di kantor KPU Parigi Moutong pada penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Parigi Moutong pada Pilkada serentak 2018, Senin (12/2). (Foto:Antaranews Sulteng/Moh Ridwan)

Parigi,  (Antaranews Sulteng) - Bupati dan Wakil Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu-Badrun Nggai akan segera mengambil cuti dari pekerjaan mereka setelah ditetapkan menjadi calon bupati dan wakil bupati oleh KPU untuk bertarung pada Pilkada serentak 2018 yang sedang berproses.

"Iya, kami akan cuti sesuai dengan aturan yakni mulai 15 Februari 2018 hingga minggu tenang kampanye," kata Samsurizal di Parigi, Selasa.

Saat ditanya siapa yang akan menggantikan dirinya sebagai bupati, ia mengatakan bahwa hal itu adalah kewenangan gubernur untuk menunjuk pelaksana tugas bupati hingga terpilihnya bupati definitif hasil pilkada.

Samsurizal mengaku bahwa sebelum pelaksana tugas bupati ditetapkan, ia sudah meminta izin kepada Ketua KPU untuk tetap menjalankan tugas-tugasnya sebagia bupati.

Aktivitas pemerintahan yang dijalannka itu tidak melanggar kewenangan jabatan sebagai salah satu kandidat calon bupati, misalnya melantik kepala desa, sebab kepala desa bukan ASN karena mereka dipilih oleh rakyat dan dirinya tinggal mengukuhkan.

"Semua kegiatan saya sudah izin kepada Ketua KPU mana kegiatan yang boleh saya lakukan dan mana yang tidak oleh. Jadi menurut saya tidak ada kegiata yang melanggar," ujarnya menanggapi laporan salah satu pasangan calon ke Pengawas Pemilihan kabupaten terkait beberapa aktivitas jabatan bupati yang diduga melangar ketentuan.

Meski dirinya diintervensi dan mendapat hujatan oleh pihak-pihak tertentu, Samsurizal menyatakan bahwa ia tidak terpengaruh dengan hal itu dan tetap optimistis menjadi kontestan pilkada.

Pilkada Parigi Moutong diikuti tiga pasangan calon yakni Smsurizal Tombolotutu-Badrun Nggai yang diusung Gerindra, PAN,PBB,PKS,PDIP dan PPP.

Kemudian pasangan Erwin Burase-Rahmawati M Nur yang diusung oleh Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa, dan pasangan H Amrullah Almahdali-Hj Yufni yang diusung partai Demokrat dan Hanura.

Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar