Gubernur bagikan 1.166 KIP di Banggai

id longki,kip,banggai

Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola, MSi (baris belakang kemeja putih) bersama siswa penerima KIP dan beasiswa PIP di Kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai, Sabtu (17/2) (Foto Antara/ist)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menyerahkan secara simbolis 1.166 Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada lima perwakilan siswa di SMA Negeri 1 Bunta, Kabupaten Banggai, sekitar 500 kilometer perjalan darat dari Kota Palu, Sabtu (17/2).

Penyerahan KIP yang disaksikan Bupati Banggai Herwin Yatim dan Kadis Dikbud Sulteng Irwan Lahace itu menandai pemberian beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) kepada para siswa tersebut.

Gubernur menyampaikan bahwa KIP merupakan program nasional di bawah Pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam kaitan meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui pendidikan dan pelatihan dengan Program Indonesia Pintar.

"Beasiswa PIP yang diserahkan bersamaan dengan Kartu Indonesia Pintar menggunakan anggaran Pemerintah, bukan anggaran lembaga lain termasuk anggaran partai politik karena merupakan salah satu program nasional, yang tercantum dalam RPJMN 2015-2019," sebut Longki.

Karenanya, gubernur yang juga Ketua DPD Partai Gerindra tersebut mengaku heran jika ada pihak tertentu bahkan Partai Politik yang membagikan beasiswa PIP dan menyampaikan seolah-olah anggaran itu berasal dari parpol itu.

"Untuk itu saya sudah menyampaikan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan agar senantiasa menjelaskan asal muasal anggaran beasiswa PIP ini," sebutnya.


Baca juga: KIP Jadikan Masyarakat Aktif Kawal Roda Pemerintahan

Gubernur juga menyampaikan kegembiraannya dapat bertatap muka langsung dengan para pendidik dan anak didik dari wilayah Kecamatan Pagimana, Lobu, Bunta, Simpang Raya, dan Nuhon, Kabupaten Banggai.

Terkait dengan banyaknya aduan dan laporan yang diterimanya berupa mosi tidak percaya kepada sejumlah kepala sekolah, gubernur berjanji bakal menurunkan tim untuk mengecek kebenaran informasi tersebut.?

"Kalau informasi hanya fitnah belaka, maka akan menjadi penilaian tersendiri bagi pelapor," akunya.

Gubernur menyampaikan pula prioritas program pembangunan bidang pendidikan di Sulawesi Tengah yang diarahkan pada program pendidikan anak usia dini, program pendidikan dasar meliputi sekolah dasar dan sekolah menengah?pertama, program pendidikan menengah, program pendidikan khusus dan layanan khusus dan program pendidikan informal dan non-formal.

Kepala Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng H. Irwan Lahace menyampaikan total penerima KIP se-Kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai yakni 1.166 pelajar, dengan total anggaran lebih dari Rp1 miliar.  
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar