KPU: pilkada Donggala hadapi dua tahapan penting

id kpu,pilkada,donggala

KPU: pilkada Donggala hadapi dua tahapan penting

Ada dua tahapan pilkada yang kita lalui mulai saat ini, yaitu tahapan kampanye dan pemungutan suara (Foto: Humas/Muhammad Hajiji)

Ketua KPU Sulteng Sahran Raden, saat menyampaikan sambutan pada deklarasi kampanye damai pilkada Donggala, di Anjungan Donggala, Minggu (18/2) sore.
Donggala,  (Antaranews Sulteng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah menyatakan terdapat dua tahapan penting yang akan dihadapi dalam proses pemilihan kepala daerah serentak Kabupaten Donggala.

"Ada dua tahapan pilkada yang kita lalui mulai saat ini, yaitu tahapan kampanye dan pemungutan suara," ungkap Ketua KPU Sulteng Sahran Raden, saat menyampaikan sambutan pada deklarasi kampanye damai pilkada Donggala, di Anjungan Donggala, Minggu sore.

Sahran Raden menyebut tahapan kampanye terbuka yang dimulai sejak tanggal 15 Februari-23 Juni 2018 menjadi salah satu tahapan penting dalam proses penyelenggaraan pilkada.

Begitu pula dengan tahapan pemungutan suara yang pelaksaannya pada tanggal 27 Juni 2018.

Mantan Ketua PW Ansor Sulawesi Tengah ini berharap dalam tahapan kampanye semua merasa gembira, karena demokrasi yang dijalankan adalah demokrasi yang mensejahterakan, bukan demokrasi yang mencelakakan.


"Demokrasi yang di jalankan dalam proses pemilihan kepala daerah Kabupaten Donggala adalah demokrasi yang menghargai martabat kemanusiaan, berbudaya penuh kearifan sosial di masyarakat," kata Sahran Raden.

Akademisi non-aktif IAIN Palu ini meminta kepada pasangan calon bupati dan wakil bupati Donggala agar mengikuti proses pilkada dengan menjaga suasana yang kondusif, aman dan damai.

Hal itu agar proses pilkada dapat berjalan semestinya, serta terpeliharanya persatuan dan kesatuan di Kabupaten Donggala.

"Mengikuti pilkada dengan menjunjung tinggi kejujuran dan keadilan serta siap menerima hasilnya menang atau kalah dengan penuh kesabaran jiwa," ujar Sahran.

Pilkada Kabupaten Donggala diikuti tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati, nomor urut 1 Anita/Abdul Rahman (Umang), diusung Partai Hanura dan PDIP. Pasangan nomor urut 2 Kasman Lassa/ M Yasin, diusung partai antara lain Nasdem, Gerindra, PPP, PKS. Pasangan nomor urut 3 Vera Elena Laruni/Taufik Burhan diusung Partai Golkar, Demokrat, PKB dan PKPI.

KPU Donggala menggelar deklarasi kampanye damai diikuti tiga pasangan calon tersebut serta seluruh tim pemenang dari tiap-tiap calon.