Kepala daerah diminta jaga netralitas ASN

id Longki

Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola, MSi (Antaranews Sulteng/Sulapto Sali)

Ini merupakan amanat dari Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto
Palu, (Antaranes Sulteng) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengatakan kepala daerah diminta untuk menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2018.

"Ini merupakan amanat dari Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto," kata Longki Djanggola dalam siaran persnya, Selasa.

Gubernur Longki bersama pejabat Bupati Parigi Moutong Moh Nadir, pejabat Bupati Donggala Moh Muhlis, Selasa, menghadiri rapat koordinasi nasional persiapan Pilkada serentak tahun 2018, di Jakarta.

Selain itu kata Gubernur Longki, Menkopolhukam juga meminta agar kepala daerah, dapat menfasilitasi pelaksanaan Pilkada tahun 2018 dengan baik, guna mengantisipasi berbagai permasalahan yang muncul, atas pelaksanaan Pilkada tersebut.

Kata dia, gubernur merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, agar dapat melaksanakan Pilkada dengan aman, tertib dan damai.

Pelaksanaan Pilkada tahun 2018, akan dilanjutkan dengan tahapan pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019. Sehingga peristiwa itu tidak main-main dan harus ditangani dengan serius, karena menentukan nasib bangsa Indonesia kedepan.

Kemudian Menkopolhukam kata gubernur, mengharapkan agar pihak keamanan dapat menjamin terlaksananya pesta demokrasi itu, tanpa adanya isu suku, agama, ras dan golongan serta informasi yang tidak benar (hoax).

"Hal yang sama juga disampaikan kepada komisi pemilihan umum (KPU) dan badan pengawas pemilu (Bawaslu), untuk melaksanakan Pilkada dengan baik," ujar gubernur.

Kegiatan Rakor tersebut dibuka secara resmi oleh Menkopolhukam Wiranto dan dihadiri Menteri Dalam Negeri Cahyo Kumolo dan Menteri PAN RB serta seluruh seluruh gubernur se-Indonesia dan bupati/walikota, KPU serta Bawaslu, yang melaksanakan Pilkada tahun 2018.

Di Sulawesi Tengah, untuk tahun 2018, sebanyak tiga daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak yakni Kabupaten Donggala, Parigi Moutong dan Morowali. 
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar