Nasdem mulai latih saksi-saksi Pileg dan Pilpres

id nasdem

Nasdem mulai latih saksi-saksi Pileg dan Pilpres

Sekretaris DPW Nasdem Sulteng Muslimun (Hamdin Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik Nasdem Sulteng)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sulawesi Tengah melalui komisi saksi nasional mulai menyusun strategi penguatan kapasitas saksi untuk persiapan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2019 mendatang.

"Nasdem jauh hari mulai mempersiapkan saksi, sebagai bentuk kesiapan dan komitmen merespon pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2019 mendatang," ungkap Sekretaris DPW Nasdem Sulawesi Tengah Muslimun di Palu, Selasa.

Kata Muslimun, peningkatan kapasitas saksi akan dilakukan lewat pelatihan untuk pelatih (Training of Trainer) yang akan digelar pada tanggal 3-4 Maret 2018 di salah satu hotel di Palu.

Baca juga: Petinggi Nasdem akan kampanye pilkada Sulteng

Qimunk, sapaan akrab Muslimun menyebut pelatihan peningkatan kapasitas saksi tidak hanya dilakukan sekali tetapi secara berkelanjutan yaitu selama tiga bulan sekali.

Hal itu diikuti dengan evaluasi kinerja saksi di lapangan, agar kapasitas saksi yang diinginkan oleh Partai Nasdem dapat tercapai.

Ia menguraikan, saksi yang dilatih oleh komisi saksi nasional bekerjasama DPW Nasdem Sulteng bukan untuk menjadi saksi perseorangan atau saksi setiap calon. Tetapi menjadi saksi partai, yang bekerja dilapangan untuk partai.

"Saksi partai menjadi saksi independen, yaitu tidak menjadi saksi calon. Nasdem meningkatkan kapasitas saksi, menghadirkan seluruh saksi yang berasal dari tingkat DPD, DPC dan tigkat desa/kelurahan se-Sulawesi Tengah," sebut Qimunk.

Ia menguraikan ToT peningkatan kapasitas saksi terdiri dari tingkat DPW 7 orang, di tingkat DPD 7 orang, kemudian di tingkat kecamatan 6 orang. Selanjutnya di tingkat kelurahan/desa di sesuaikan dengan jumlah TPS, srtiap TPS 1 saksi.

Baca juga: Surya Paloh direncanakan resmikan Kantor Nasdem Sulteng

Sementara itu Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPW Nasdem Sulteng Mohammad Hamdin mengemukakan ToT peningkatan kapasitas saksi mengangkat tema "Konsilidasi KSN mengawal pemenangan Nasdem pada pilkada 2018 dan pemilu 2019."

Menurut Hamdin, Komisi Saksi Nasional DPP Nasdem dan DPW Nasdem Sulteng menghadirkan beberapa instruktur dan narasumber yaitu Komandan Pemenangan Wilayah (Komperwil) Partai Nasdem Ahmad M Ali, Ketua DPW Partai Nasdem Tahmidi Lasahido dan perintis partai Nasdem Sulteng. Narasumber Nasional KSN DPP, I Gusti Putu Artha, Nasrullah, Yulli Kusniah.

"Materi tentang kepartaian/ke-Nasdeman, ideologi partai dan tekhnis kepemiluan," terang Hamdin.