IAIN nilai ASN berkompoten untuk perekrutan pejabat

id iain

IAIN nilai ASN berkompoten untuk perekrutan pejabat

Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd memberi arahan pada pra-assessmen kompotensi pejabat dilingkungan IAIN Palu. (Muhammad Hajiji)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, mulai melakukan penilaian sebagai bentuk penjaringan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkompoten menjadi pejabat di lingkungan perguruan tinggi Islam negeri tersebut.

Penjaringan untuk pemetaan jabatan itu dilakukan dengan asesmen kompotensi pejabat administrasi yang diikuti 37 peserta, terdiri atas pejabat pengawas 13 orang dan pelaksana 24 orang, digelar sejak 26 hingga 28 Februari 2018.

"Assessmen ini salah satu instrumen yang dipakai dalam meningkatkan kinerja aparatur sipil negara, baik calon pejabat maupun pejabat yang sudah menduduki jabatan tertentu," ungkap Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd saat memberi arahan pada pra-assessmen kompotensi pejabat administrasi, Selasa.

Baca juga: Kemenag Sulteng - IAIN Palu kerja sama bidang pendidikan

Menurut Sagaf, terdapat tiga hal penting dalam asesmen pertama menyangkut pengetahuan dan kecerdasan ASN. Kedua, menyangkut keterampilan dalam melaksanakan dan menyelesaikan tugas-tugas. Ketiga, menyangkut sikap dan nilai dalam melaksanakan tugas atau-pun proses interaksi dalam keseharian.

Ia berharap asesmen dapat melahirkan pejabat yang memiliki disiplin kerja yang baik. Hal itu untuk menunjang orientasi perguruan tinggi tersebut selama empat tahun kedepan yang berorientasi pada peningkatan mutu untuk peningkatan daya saing perguruan tinggi Islam negeri tersebut.

Menurut dia, disiplin kerja dapat menunjang semua upaya meraih apapun yang dinginkan. Karena itu, perlu ada pembinaan khusus terdahap calon-calon pejabat maupun pejabat yang sudah menduduki jabatan tertentu.

Baca juga: IAIN Palu mulai susun strategi peningkatan mutu

Rektor menilai disiplin kerja belum maksimal, karena itu asesmen menjadi tolak ukur penting dalam perekturatan pejabat.

Sementara itu Kepala Sub Bagian Assessmen Pegawai Biro Kepegawaian Sekretarian Jenderal Kementerian Agama Syaharudin mengatakan assessmen kompetensi dimaksudkan untuk menilai kemampuan seorang ASN dibanding dengan standar jabatan yang ingin diduduki.

Baca juga: Kemenag Sulteng dukung IAIN Palu sosialisasikan SPAN

Assessmen akan berdampak terhadap penempatan pejabat pada suatu jabatan sesuai dengan keahlian, serta pejabat mencintai pekerjaannya.

Ia menguraikan terdapat tiga kompotensi yang harus dimiliki ASN, pertama yaitu kompotensi sosial kultur yang di dalamnya terdapat kemampuan dan kompotensi perekat NKRI. Kedua kompetensi managerial, dan ketiga kmpetensi tekhnis.