MUI berharap calon komisioner KPU berintegritas kuat

id zainal,mui

MUI berharap calon komisioner KPU berintegritas kuat

Ketua MUI Kota Palu Prof Dr H Zainal Abidin MAg menyampaikan materi pada orerintasi dan penguatan integritas calon anggota KPU Sulawesi Tengah periode 2018 - 2023, di Santika Hotel Palu, Senin 5 Maret 2018. (Muhammad Hajiji)

Kita ingin KPU berintegritas, bermoral, berwibawa dan bermartabat. Karena itu komisioner yang menjabat harus bermoral, beretika...
Palu, (Antaranews Sulteng) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu, Sulawesi Tengah, berharap calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) di provinsi itu memiliki integritas yang kuat sebagai calon penyelenggara Pemilu.

Ketua MUI Palu KH Zainal Abidin mengemukakan, moral, etika, akhlak yang baik perlu menjadi dukungan kepribadian dan integritas calon anggota KPU.

"Kita ingin KPU berintegritas, bermoral, berwibawa dan bermartabat. Karena itu komisioner yang menjabat harus bermoral, beretika," katanya di Palu, Senin, menanggapi seleksi penerimaan calon anggota KPU Provinsi Sulawesi Tengah.

Baca juga: Persaudaraan jadi kunci terwujudnya pilkada damai

Zainal menjadi salah seorang pemateri yang dihadirkan oleh tim seleksi anggota Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Tengah periode 2018-2023.

Pakar pemikiran Islam modern ini diminta membawakan materi tentang membangun integritas moral keagamaan calon anggota KPU Sulteng, pada orientasi dan penguatan integritas calon.

Mantan Rektor IAIN Palu itu mengatakan , KPU memiliki peran penting dalam menentukan pemimpin lewat proses-proses yang dimandatkan oleh negara dalam ketentuan perundang-undangan.

Karena itu, sebut dia, demokrasi yang beradab, bermoral, berwibawa dan berintegritas bergantung pada pimpinan atau komisioner KPU yang menjalankan proses demokrasi tersebut.



"Kita inginkan demokrasi yang berkualitas, yang bermoral, sehingga melahirkan pemimpin yang memiliki moral, adab dan wibawa," ujarnya.

Zainal mengingatkan kepada para calon untuk tidak terpengaruh atau terbawa bujuk rayu dari pihak-pihak tertentu ketika menjabat sebagai komisioner KPU.

"Tentu tantangan dan ujian yang dihadapi nantinya semakin besar, mulai dari adanya pihak-pihak yang mengiming-imingi uang kepada komisioner dan godaan dan cobaan lainnya," sebutnya.

Ia berharap agar setiap calon melatih diri untuk membentuk integritas keagamaan dan moral individu, sebagai modal dalam menghadapi tantangan dan cobaan.

Baca juga: Ketua MUI Ceramah Di Hadapan Pimpinan Geraja

Tim Seleksi Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Tengah melakukan penguatan integritas calon melibatkan tokoh agama dan akademisi di Santika Hotel Palu, Senin.

Ketua Tim Seleksi KPU Sulteng Muhtadin Dg Mustafa mengemukakan orientasi dan penguatan integritas calon bertujuan untuk memberikan bekal pada calon anggota, karena mereka adalah calon pemimpin masa depan.

Baca juga: Timsel KPU Sulteng kuatkan integritas calon anggota

"Penguatan integritas kepada calon, karena mereka merupakan calon pemimpin masa depan," ungkap Ketua tim seleksi KPU Sulteng Dr Muhtadin Dg Mustafa MHI.

Muhtadin menguraikan, penguatan integritas di fokuskan kepada 56 peserta yang dinyatakan lulus seleksi/penelitian administrasi.

Ia memandang bahwa penguatan integritas dan orientasi perlu dilakukan dan dikuatkan kepada calon anggota. Dikarenakan lewat tangan mereka, nantinya akan lahir putusan - putusan atau kebijakan, dalam rangka melahirkan demokrasi yang berwibawa dan beradab.