Polda Sulteng ketambahan 178 bintara baru

id polda,bintara,SPN,kapolda

Polda Sulteng ketambahan 178 bintara baru

Seorang bintara baru lulusan SPN Labuan Panimba menandatangani berkas penerimaan sebagai bintara baru Polri di depan Kapolda Sulteng Brigjen Pol I Ketut Argawa di lapangan SPN Labuan Panimba, Selasa (6/3). (Antaranews Sulteng/Humas Polda)

Palu (Antaranews Sulteng) - Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah mendapat tambahan tenaga polisi muda mulai Maret 2018, setelah Kapolda Brigjen Pol I Ketut Argawa melantik 178 siswa bintara Polri yang telah menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Polisi Negara (SPN) Labuan Panimba, Kabupaten Donggala.

Ke-178 siswa bintara dengan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) itu telah menyelesaikan masa pendidikan di SPN Labuan Panimba selama 7 bulan untuk menjadi pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang humanis serta penegak hukum yang professional, demikian siaranm pers Humas Polda Sulteng di Palu, Rabu.

Kapolda yang membacakan amanat Kapolri mengatakan bahwa anggota polri dalam menjalan tugasnya diperhadapkan dengan kompleksitas tantangan yang saat ini tidak dapat dipisahkan dari dua fenomena besar yang terjadi dalam kehidupan manusia yaitu demokratisasi dan globalisasi.

Pada aspek keamanan, kedua fenomena di atas telah memunculkan beberapa implikasi negatif di masyarakat, seperti munculnya ragam kejahatan berdimensi baru, munculnya nilai-nilai primordial yang berlatar belakang kesukuan maupun keagamaan, serta pemanfaatan secara negatif dari media sosial maupun media online untuk penyebaran ujaran kebencian (hatespeech), hoax, dan pencemaran nama baik.

Polri, kata Kapolri, selaku penanggung jawab bidang keamanan dalam negeri, harus mampu merespon dan mengatisipasi setiap dinamika perkembangan dan perubahan tersebut secara cepat dan tepat.

Salah satu kebijakan promoter (professional, modern dan terpercaya) dengan focus pada kebijakan yaitu peningkatan kinerja, perbaikan kultur, dan manajemen media.

"Pendidikan pembentukan Bintara Polri ini menjadi salah satu upaya penting dalam mewujudkan Polri yang promoter yang merupakan garda terdepan dalam pelaksanaan tugas," katanya.

Kepada anggota baru Polri, Kapolda I Ketut Argawa meminta mereka untuk intens menjalin komunikasi dan kerja sama sinergis dengan masyarakat, TNI dan seluruh pemangku kepentingan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Tingkatkan pengetahuan dan keterampilan dengan terus belajar dan berlatih guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas yang semakin kompleks, dan jadilah teladan bagi masyarakat serta hindari perbuatan yang dapat menjatuhkan kehormatan diri, keluarga dan organisasi Polri," pinta Kapolda.