Calon angota KPU Sulteng ikuti test tertulis

id kpu

Calon angota KPU Sulteng ikuti test tertulis

Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah, Dr Muhtadin Dg Mustafa MHI (Muhammad Hajiji) (Muhammad Hajiji/)

Terdapat tiga peserta yang tidak sempat hadir mengikuti test tertulis dengan sistem tersebut
Palu,  (Antaranews Sulteng) - Sebanyak 56 calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tengah mengikuti test tertulis dengan menggunakan sistem Computer Assested Test (CAT) di IT Center Universitas Tadulako Palu, Rabu.

"Terdapat tiga peserta yang tidak sempat hadir mengikuti test tertulis dengan sistem tersebut," kata Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU Sulawesi Tengah periode 2018 - 2023 Dr H Muhtadin Dg Mustafa di Palu.

Muhtadin mengatakan test tertulis bagi para calon merupakan salah satu tahapan yang harus diikuti oleh peserta dalam seleksi anggota KPU Sulawesi Tengah.

Ia menguraikan dari 56 peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, yang berhak mengikuti test tertulis terdiri dari 49 calon laki-laki dan tujuh perempuan.

"Tes tertulis sistem CAT pagi ini dilakukan dalam dua gelombang dikarenakan fasilitas computer di IT Center Universitas Tadulako Palu hanya tersedia 40 unit," katanya.

Akademisi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu ini menyatakan untuk satu ruangan dan server soal yang tersedia hanya 1 unit. Karena itu, gelombang pertama dimulai pukul 08.00 wita - pukul 10.00 Wita kemudian gelombang kedua pukul 10.00 - 12.00 Wita.

Ia menjelaskan dengan kondisi tersebut soal yang tersedia secara acak untuk masing-masing calon sebanyak 120 soal, dengan waktu kerja sebanyak 100 menit.

Dalam test tertulis yang dipantau langsung oleh tim dari Sektetariat Jenderal KPU RI dan tim teknis CAT dari Jakarta ini, acara diawali dengan pembukaan kunci server computer yang disaksikan lima perwakilan peserta.

Kemudian pembacaan doa sesuai agama dan keyakinan masing2, dilanjutkan dengan sambutan Ketua Timsel, pembacaan tata tertib ujian oleh Sekretaris Timsel Dr Intam Kurnia serta penjelasan singkat mengenai tes CAT oleh Tim KPU RI dan uji coba pengisian soal tes.

Muhtadin menerangkan untuk menjaga kelancaran pelaksanan tes CAT, semua peserta dilarang membawa benda tajam dan alat komunikasi ke dalam ruangan serta tidak diperkenankan merokok selama tes berlangsung.

Sebelumnya Tim Seleksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tengah melakukan penguatan integritas calon melibatkan tokoh agama dan akademisi di Santika Hotel Palu, Senin.

Muhtadin Dg Mustafa mengemukakan orientasi dan penguatan integritas calon bertujuan untuk memberikan bekal moral dan spiritual pada calon anggota karena mereka adalah calon pemimpin masa depan.

"Penguatan integritas kepada calon, karena mereka merupakan calon pemimpin masa depan," katanya. 

Baca juga: Timsel KPU Sulteng kuatkan integritas calon anggota