Dirjend Pendis resmikan gedung kuliah IAIN di Sigi

id iain

Dirjend Pendis resmikan gedung kuliah IAIN di Sigi

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Kamaruddin Amin menyerahkan piagam kepada Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta disela-sela peresmian dua gedung perkuliahan IAIN Palu, di Desa Pombewe Kecamatan Biromaru, Jumat 9 Maret 2018 (Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah,  (Antaranews Sulteng) - Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin meresmikan dua gedung perkuliahaan berlantai tiga Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu di Desa Pombewe, Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi, Jumat.

"Insya Allah tahun 2019 kita akan menambah lagi pembangunan gedung kuliah baru IAIN Palu di Sigi," ungkap Dirjen Pendis Kemenag Kamaruddin Amin saat menyampaikan sambutan pada peresmian dua gedung tersebut.

Kamaruddin Amin mengaku bangga dengan dukungan Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta yang akan menyerahkan tanah untuk pengembangan kampus tersebut di Sigi seluas kurang lebih 50 hektare.

Karena itu, Kamaruddin Amin mengaku malu bila Pemkab Sigi telah memberikan lahan kemudian tidak ditindak lanjuti dengan pembangunan.

"Saya selaku Dirjend Pendidikan Islam merasa malu, bila lahan yang diberikan tidak dimanfaatkan. Karena itu kita akan berupaya untuk menambah, melanjutkan pembangunan gedung kuliah di Sigi," katanya.

Dirjen juga menyebut bahwa dirinya akan berupaya membantu IAIN Palu untuk mendapat Surat Berharga Syariat Negara (SBSN) untuk pembangunan lanjutan gedung perkuliahan.

Pembangunan dua gedung perkuliahan IAIN Palu di Sigi, berawal dari pikiran dan kerja cerdas rektor pertama IAIN Prof Dr H Zainal Abidin MAg dalam pengembangan perguruan tinggi Islam negeri tersebut.

Alhasil, Kementerian Agama memberikan kepercayaan kepada IAIN Palu lewat kepemimpinan Prof Dr H Zainal Abidin MAg untuk mengelola dana SBSN kurang lebih senilai Rp35 miliar yang diperuntukan bagi pembangunan Kampus II IAIN di Sigi.

IAIN kemudian melangsungkan peletakkan batu pertama pada hari Jumat 9 Juni 2017 dihadiri Sekretaris Jenderal Kemenag Nur Syam, Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola MSi, Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta dan Rektor IAIN Palu Prof Dr H zainal Abidin MAg.

Kurang lebih memakan waktu tujuh bulan sejak bulan Juni, pembangunan dua gedung perkuliahaan dengan kapasitas 30 kelas itu, akan segera ditempati oleh mahasiswa untuk proses belajar mengajar, setelah melewati proses peresmian sebagai tanda dimulainya.