Keterlambatan tanker picu kekosongan BBM di SPBU

id pertamina,spbu

Keterlambatan tanker picu kekosongan BBM di SPBU

DOKUMEN, Situasi pengisian BBM di SPBU 74.94205 Jalan Diponegoro Palu Barat (Antarasulteng/Moh. Ridwan)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - PT Pertamina Persero Sulawesi Tengah menyatakan bahwa keterlambatan kapal tanker pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) masuk Terminal BBM Donggala, merupakan pemicu terjadinya kekosongan BBM di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU) di Kota Palu dan sekitarnya.

Sales Eksekutif Retail V Pertamina MOR VII Fandi Ivan Nugroho di Palu, Jumat mengatakan pada Senin (5/3) tangker seyogianya sudah masuk TBBM Donggala, namun tertunda karena Kapal MT. Golden Pearl mengalami kerusakan kemudi di perairan Mamuju.

"Akibatnya kapal harus ditarik tugboat untuk kembali ke Terminal BBM Pare-Pare," ujar Fandy

Baca juga: Warga Palu dan Sigi antre beli BBM

Untuk memenuhi stok BBM di Kota Palu dan sekitarnya, Pertamina mendatangkan kapal tanker bantuan pada Selasa (6/3) dan selanjutnya Rabu (7/3), tanker langsung bergerak menuju TBBM donggala untuk memenuhi stok BBM Premium dan Pertalite di seluruh SPBU di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah.

Saat ini, paparnya, dalam kurun waktu tiga hari berturut-turut, Pertamina melakukan pemulihan stok BBM di seluruh SPBU Kota Palu dan sekitarnya dan memastikan seluruh kebutuhan SPBU tersuplai.

Ia menuturkan, sejak Kamis (8/3) pukul 06.00 Wita, TBBM Donggala sudah intensif menyalurkan BBM ke seluruh SPBU sehingga pelayanan kepada masyatakat mulai normal.

Fandy berharap masyarakat tidak perlu khawatir dan panik akan terjadi kekosongan BBM dan pembelian BBM harus dalam jumlah sewajarnya di SPBU, sebab ia memastikan semua jenis BBM tersedia dengan cukup di TBBM Donggala.

"Apabila masyarakat menemui penyaluran BBM yang tidak wajar di SPBU silakan untuk melaporkan kepada kami," katanya.

Ia menyarankan masyarakat agar tetap mengunakan BBM nonsubsidi yang berkualitas seperti Pertamax, Pertalite, Dexlite, Pertamina Dex dan Pertamax turbo. 

Baca juga: Pertamina upayakan BBM untuk penuhi permintaan pasar