Kemenag: ptkin berperan berdayakan masyarakat membangun daerah

id Kemenag

Kemenag: ptkin berperan berdayakan masyarakat membangun daerah

Dirjend Pendis Prof H Kamaruddin Amin PhD

....saya sangat optimis bahwa keberadaan PTKIN di Sigi akan berkontribusi terhadap pembangunan daerah tersebut
Sigi, Sulawesi Tengah, (Antaranews Sulteng) - Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin menyatakan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam negeri (PTKIN) harus berkontribusi memberdayakan masyarakat untuk membangun daerah.

"Saya sangat yakin, saya sangat optimis bahwa keberadaan PTKIN di Sigi akan berkontribusi terhadap pembangunan daerah tersebut," ungkap Kamaruddin Amin di Sigi, Sabtu.

Menurut Kamaruddin Amin, perguruan tinggi, para dosen serta seluruh civitas akademik tidak boleh hanya berada di kampus untuk melakukan kajian semata.

Melainkan, kata dia, harus memberikan atau mempraktikkan atau mengadvokasi, membimbing masyarakat dan memberdayakan masyarakat untuk bersama-sama membangun daerah.

Baca juga: Kemenag Sulteng dukung IAIN Palu sosialisasikan SPAN

"Karena itu keberadaan IAIN Palu sebagai salah satu PTKIN di Sigi akan berperan sangat fundamental dalam membangun daerah ini," kata Kamaruddin.

Saat ini terdapat dua gedung perkuliahaan IAIN Palu yang dibangun di Desa Pombewe Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi, dengan dana SBSN Kementerian Agama tahun 2016.

"Meskipun hanya dua gedung saja di daerah ini, saya yakin Insya Allah tahun - tahun mendatang, muda-mudahan tahun depan ada lagi bangun yang bisa kita bangun di sini," ujar Kamaruddin.

Ia menyebut lahan untuk pembangunan demi pengembangan IAIN Palu di Sigi tidak lagi menjadi masalah. Hal itu karena Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta siap untuk membantu.

"Tanah tidak ada masalah, pak bupati suda membantu. Tentu saya selaku direktur jenderal merasa tidak enak sama bupati, dikasih tanah terus tidak dibangun," katanya.

Dia menguraikan tahun 2019 akan dibangun lagi gedung perkuliahan yang dibiayai lewat Surat Berharga Syariat Negara (SBSN) di Desa Pombewe Kecamatan Birmaru Kabupaten Sigi.

Kamaruddin Amin meresmikan dua gedung perkuliahaan berlantai tiga Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, di Desa Pombewe Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi.

Kamaruddin Amin didampingi oleh Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta, Staf Ahli Bidang Hukum Siti Norma Mardjanu dan Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd.

Baca juga: Kemenag Sulteng - IAIN Palu kerja sama bidang pendidikan