IAIN Sigi diharap berdampak terhadap kemajuan pendidikan

id iain

IAIN Sigi diharap berdampak terhadap kemajuan pendidikan

Dirjen Pendis Kementerian Agama Kamaruddin Amin menyerahkan piagam kepada Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta pada peresmian gedung kuliah IAIN Palu di Desa Pombewe Kecamatan Biromaru Kabupaten Sigi, Jumat 9 Maret 2018 (Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah,  (Antaranews Sulteng) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu di Kabupaten Sigi, Sulawesi tengah, diharapkan bisa berdampak terhadap peningkatan kualitas pendidikan di daerah itu.

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta berharap diresmikannya gedung kuliah IAIN Palu di Sigi, Sabtu, dapat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan termasuk pendidikan agama Islam.

"Saya mengucapkan selamat atas peresmian gedung IAIN Palu dan berharap semoga dengan diresmikannya gedung kuliah IAIN ini dapat bermanfaat bagi pendidikan," ungkap Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta di Sigi.

Mohammad Irwan juga berharap agar IAIN Palu di Sigi mampu mencetak mahasiswa yang memiliki kemampuan dan keterampilan untuk daya saing.

Tidak hanya itu IAIN Palu di Sigi juga harus mencetak para sarjana atau lulusan yang dapat menjadi kebanggaan daerah, bangsa dan agama.

Mohammad Irwan mengemukakan peningkatan kualitas menjadi salah satu metode yang sangat mendasar, yang berdampak langsung terhadap peningkatan sumber daya manusia.

"Dengan peningkatan dalam kualitas pendidikan, kita mampu mewujudkan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan serta lebih berkualitas," katanya.

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd menyatakan perguruan tinggi yang dipimpinnya terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Meningkatnya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh IAIN Palu, secara otomatis merupakan upaya untuk menjawab kebutuhan masyarakat," ungkap Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd saat menyampaikan laporan pada peresmian ua gedung kuliah IAIN Palu di Desa Pombewe Kecamatan Biromaru, Kabupaten Sigi.

Sagaf Pettalongi menyebut peresmian dua gedung perkuliahan merupakan salah satu sejarah besar yang lahir dari komitmen dan keseriusan perguruan tinggi Islam negeri yang dipimpinnya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Salah satu tantangan yang tengah dihadapi oleh PTKIN termasuk IAIN Palu yaitu tidak hanya sekedar memberikan akses kepada masyarakat untuk menambah ilmu di perguruan tinggi. Melainkan membangun kecerdasan dan keterampilan masyarakat untuk berdaya saing menjadi tantangan IAIN Palu.

Karena itu, IAIN Palu berupaya untuk meningkatkan mutu untuk peningkatan daya saing yang menjadi arah dan orientasi pengembangan perguruan tinggi yang dipimpinnya.

IAIN Palu melaksanakan peresmian dua gedung perkuliahaan berlantai tiga dengan kapasitas kurang lebih 30 kelas, pada Jumat 9 Maret 2018.