Gubernur Sulteng ajak semua pihak tingkatkan minat baca

id perpustakaan

Gubernur Sulteng Longki Djanggola saat menyampaikan sambutan pada pembukaan lomba minat baca, talkshow, dan pameran perpustakaan tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, di Palu, Selasa. (Muhammad Hajiji)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengajak seluruh komponen pemerintah dan tenaga pendidik untuk merangsang masyarakat meningkatkan minat baca.

"Memasuki era globalisasi, peran membaca sangat penting dalam kehidupan manusia," kata Gubernur Sulteng Longki Djanggola saat menyampaikan sambutan pada pembukaan lomba minat baca, talkshow, dan pameran perpustakaan tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, di Palu, Selasa.

Kegiatan membaca, kata Longki Djanggola, diperlukan untuk mencapai kemajuan dan kesuksesan di bidang politik, sosial, ekonomi, dan kebudayaan.

Menurut dia, masyarakat perlu diberi motovasi sejak dini agar terbiasa dan senang membaca. Begitu pula dengan tenaga pendidik harus memiliki kemampuan membaca dan menulis.

Dengan demikian dalam proses belajar mengajar, guru tidak hanya mengandalkan ilmu yang pernah dipelajarinya sebelum menjadi guru.

Apabila guru menganggap ilmu yang dimilikinya memadai dan tidak mengikuti perkembangan ilmu dan pengetahuan dapat menimbulkan persepsi yang berbeda antara guru/tenaga pendidik dengan peserta didik.

"Perlu ada inovasi dalam proses pembelajaran termasuk dalam upaya menumbuhkan semangat baca peserta didik. Jangan sampai apa yang diajarkan, disampaikan tenaga pengajar kepada peserta didik dianggap sebagai sesuatu yang telah `basi` atau tidak relefan dengan kondisi dan tantangan kekiniaan," katanya.

Hal ini dipandang tidak perlu terjadi apabila tenaga pendidik/guru senantiasa mengikuti perkembangan zaman dengan memaksimalkan membaca berbagai referensi.

Ia mengharapkan perpustakaan memberi motivasi menumbuhkan kebiasaan membaca siswa, peran orang tua, guru, masyarakat, dan pemerintah.

"Orang tua dapat menjadi contoh di rumah tangga di lingkungan sendiri dengan membiasakan membaca tabloid, koran, majalah, dan sebagainya yang berdampak positif terhadap pendidikan untuk pengembangan semangat baca anak atau generasi penerus," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Muhammad Hajiji
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar