Gubernur : Perpustakaan harus sediakan informasi dibutuhkan

id perpustakaan

Gubernur Sulteng Longki Djanggola mengunjungi stand pameran usai membuka secara resmi kegiatan lomba minat baca, talkshow, dan pameran perpustakaan tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, di Palu, Selasa. (Muhammad Hajiji)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menyatakan perpusatakaan harus mampu memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan pemustaka atau pengguna perpustakaan.

"Perlu ada solusi, inovasi agar informasi yang diberikan atau yang tersedia di perpusatakaan sejalan dengan kebutuhan pengguna perpusatakaan, pengunjung atau pemustaka," ucap Gubernur Longki di Palu, Selasa.

Menurut dia, keberadaan perpustakaan harus memberikan efek atau dampak positif kepada masyarakat utamanya generasi muda para pelajar tingkat SD, SMP an SMA dan mahasiswa.

Peran perpustakaan harus dirasakan oleh masyarakat, melalui penyediaan informasi yang sejalan dengan kebutuhan.

Longki Djanggola meminta agar hal itu dapat dijadikan sebagai suatu budaya oleh perpustakaan, agar pengembangan strategi dan inovasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat tidak hanya menjadi wacana.

"Keberadaan perpusatakaan harus benar-benar bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat dan pemustaka," kata Longki Djanggola.

Longki Djanggola mengemukakan informasi menjadi salah satu kebutuhan yang sangat fundamental. Namun, perlu ada akses dan strategi serta inovasi agar kebutuhan terhadap informasi dapat terpenuhi.

Karena itu, perpustakaan harus dikelola dengan baik oleh tenaga-tenaga yang terampial dan profesional untuk menyediakan informasi yang sejalan dengan kebutuhan.

"Perpustakaan merupakan salah satu lembaga jasa penyedia informasi untuk semua kalangan masyarakat. Cara untuk memperoleh informasi akan terpenuhi apabila perpustakaan berfungsi dengan baik," terangnya.

Baca juga: Gubernur mengajak semua pihak tingkatkan minat baca

 
Pewarta :
Editor: Muhammad Hajiji
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar