Marcus/Kevin ganda putra pertama raih 100.000 poin

id kevin

Marcus/Kevin ganda putra pertama raih 100.000 poin

Pasangan ganda putra bulu tangkis Indonesia, Marcus Gideon (kiri) dan Kevin Sanjaya (kanan), (ANTARA News/Gilang Galiartha)

Jakarta,  (Antaranews Sulteng) - Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dipastikan akan menjadi pasangan bulu tangkis ganda putra pertama yang mencapai poin Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), di atas 100 ribu.

Hal tersebut dipastikan setelah mereka berhasil meraih gelar All England 2018 untuk kedua kalinya secara beruntun dan jika ditotal, poin mereka akan meningkat dari 96.789 menjadi 100.989 pekan depan.

Berdasarkan laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Senin dini hari, poin ini, hasil dulangan Marcus/Kevin di 15 turnamen yang diikuti sejak 2017 dengan 10 di antaranya, pasangan Indonesia ini menjadi juara.

Dalam turnamen terakhirnya di All England 2018 sendiri, Marcus/Kevin memastikan gelar selepas dalam partai final, berhasil menumbangkan pemain senior asal Denmark, Mathias Boe/Carsten Mogensen 21-18, 21-17.

Baca juga: Marcus/Kevin pertahankan gelar All England

Dengan raihan Marcus/Kevin di All England 2018 ini, membuat mereka menyamai rekor Ricky Subagja/Rexy Mainaky yang dibuat lebih dari 20 tahun lalu (1995, 1996) dan juga sejajar dengan peraih dua gelar All England lainnya, Kim Moon-soo/Park Joo-bong (1985, 1986).

Atas hasil ini sendiri, Marcus/Kevin mendapat pujian dari berbagai kalangan. Salah satunya Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, yang mengucapkan syukur dan selamat pada pasangan Indonesia ini dengan menyertakan gamba foto mereka yang tengah merayakan kemenangan dengan tulisan Selamat Marcus F Gideon & Kevin Sanjaya S, Champions All England 2018.

"Alhamdulillah, JUARA! Kevin/Marcus Juara #AllEngland2018 !," tulis Imam di akun twitternya, @imam-nahrawi.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI), Wiranto, juga mengucapkan selamat pada Marcus/Kevin, dan menegaskan Indonesia "berhutang budi" pada pasangan ini.

"Sekali lagi Indonesia harus berterima kasih kepada kalian. Selamat Kevin Sanjaya/Marcus Gideon atas keberhasilan kalian mempertahankan gelar. Sempurna! #AllEnglandSuper1000," tulis Menko Polhukam ini dalam akun twitternya, @wiranto1947.

Tak ketinggalan, pujian juga datang dari mantan Ketua Umum PP PBSI, Gita Wirjawan, dalam akun twitternya, @GWirjawan dalam bahasa Inggris.

"Raihan dua gelar @YonexAllEngland berturut-turut bagi Kevin/Marcus! Benar-benar luar biasa! @INABadminton," tulis Gita.

Baca juga: Marcus/Kevin raih gelar pebulu tangkis terbaik dunia versi BWF