Sulteng ikut kejurnas perahu naga di Palembang

id dayung

Sulteng ikut kejurnas perahu naga di Palembang

Ketua Pengprov PODSI Sulteng Moh Arief Latjuba (Antaranews Sulteng/Humas Pemprov)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Atlet dayung Sulawesi Tengah dipastikan mengikuti kejurnas perahu naga yang dijadwalkan berlangsung di Palembang, Sumatera Selatan, pada Mei 2018.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Sulteng H Moh.Arief Latjuba yang dihubungi di Palu, Senin, mengatakan selain kejurnas perahu naga, Sulteng juga akan ikut kejurnas dayung khusus untuk nomor rowing di Palembang pada Oktober 2018.

Menghadapi kedua iven itu, kata dia, Pengprov PODSI Sulteng akan menyiapkan atlet-atlet terbaiknya yang memiliki peluang mendulang medali di kejuaraan-kejuaraan nasional seperti itu.

Baca juga: Pengprov PODSI bertekad kembalikan kejayaan dayung Sulteng

Pengda PODSI tentu akan mengenjot para atlet agar bisa mengukir prestasi di kejuaraan tersebut.

Karena itu, Arief yang juga Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulteng ini meminta bidang-bidang yang terkait dengan perlombaan dan nomor dayung bersama para pelatih melakukan koordinasi terintegrasi satu sama lainnya untuk mempersiapkan atlet dengan maksimal.

Latihan harus berjalan terprogram dan intensif agar prestasi bisa meningkat, katanya.

Kejurnas sangat penting baik untuk perbaikan peringkat nasional maupun mengharumkan nama Sulteng, sebab bagaimanapun banyak mantan atlet asal provinsi ini yang pernah berjaya di berbagai iven nasional dan internasional.

Saat ini, kata Arief, salah satu atlet dayung Sulteng, Rio Riski Darmawan ikut memperkuat Indonesia pada kejuaraan dayung internasional.

Atlet asal Kulawi, Kabupaten Sigi itu, merupakan salah satu pedayung handal Sulteng yang sangat diharapkan mengharumkan nama daerah dan Indonesia di berbagai kejuaraan dayung dunia.

Dayung merupakan cabang prioritas dan unggulan Sulteng di PON XX yang dijadwalkan berlangsung di Papua pada 2020.

Selain dayung tentu ada cabang unggulan lainnya seperti karate, pencaksilat, sepak takraw, tinju dan binaraga. 

Baca juga: Podsi Sulteng bertekad tingkatkan prestasi atlet