KPU Parigi gelar debat kandidat tiga kali

id kpu

KPU Parigi gelar debat kandidat tiga kali

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong, Amelia Idris. (Foto:Antaranews/Moh Ridwan)

Parigi,  (Antaranews) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menjadwalkan pelaksanaan debat publik/debat kandidat pasangan calon bupati dan wakil bupati pilkada serentak di kabupaten tersebut sebanyak tiga kali.

"Pertama dan kedua dilaksanakan di tingkat kecamatan dan ke tiga dilaksanakan di ibu kota Parigi Moutong," kata Ketua KPU Parigi Moutong Amelia Idris, di Parigi, Senin.

Amelia menguraikan kegiatan debat akan digelar pertama di Sausu. Kemudian, kedua di Bolano Lambunu dan ke tiga di ibu kota kabupaten.

KPU Parigi Moutong juga telah mematangkan persiapan pelaksanaan debat kandidat pasangan calon bupati dan wakil bupati pemilihan kepala daerah serentak di kabupaten tersebut.

Amelia mengemukakan pelaksanaan debat kandidat pertama dilaksanakan pada 27 Maret 2018.

"Kami telah menentukan waktu pelaksanaan debat kandidat tahap pertama dan menetapkan tim pakar debat kandidat," ungkapnya.

Tim pakar tersebut adalah Dr Ir Fadly Y Tantu MSI, Dr Ir H Kasman Jaya Saad MSI, Dr Mohammad Irfan Mufti MSI, Dr Ir Tutang Muhtar Kamaludin ST MSI, Dr H Hilal Malarangan, Dr Vita Fattah SE MS.

Amelia menguraikan tim pakar bertugas merumuskan materi dan topik debat untuk peserta debat publik pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Kemudian, memberikan usulan moderator/diusulkan menjadi moderator pada debat publik pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Pilkada serentak di Parigi Moutong diikuti tiga pasangan calon yang dinyatakan sah berdasarkan Keputusan KPU Parigi Moutong Nomor: 23/HK.03-kpt/7208/KPU-Kab/11/2018 tentang penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada Parigi Moutong 2018.

Tiga calon tersebut yakni Samsurizal Tombolotutu-Badrun Nggai (Sabar) diusung oleh enam partai politik yakni Partai Gerindra, PAN, PBB, PKS, PDIP dan PPP.

Pasangan tersebut adalah petahana bupati/wakil bupati Parigi Moutong periode 2013-2018.

Kemudian pasangan Erwin Burase/Rahmawati M Nur diusung Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa, dan ketiga pasangan H Amrullah Almahdali/Hj Yufni diusung Partai Demokrat dan Hanura.

Baca juga: KPU matangkan persiapan debat kandidat bupati-wabup