Pemprov Sulteng akan gelar pasar murah

id pasar murah

Pemprov Sulteng akan gelar pasar murah

DMassyarakat berbelanja dipasar murah di permukiman padat penduduk di Kecamatan Palu Timur. (Foto Antara/Anas Massa)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Pemprov Sulawesi Tengah akan menggelar pasar murah dalam rangkaian peringatan hari Nyepi di Palu pada 25 Maret 2018.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulteng, Zainuddin Hak di palu, Kamis mengatakan semula kegiatan itu dilaksanakan menjelang hari Nyepi, tetapi ditunda karena satu dan lain hal sehingga diputuskan dilaksanakan setelah hari raya.

Pasar murah akan berlangsung selama dua hari dan diimbau warga di sekitar lokasi kegiatan dapat memanfaatkan kegiatan tersebut untuk berbelanja berbagai kebutuhan rumah tangga karena distributor menjual bahan/barang keperluan sehari-hari dengan harga murah.

"Ini kesempatan yang baik dan warga bisa membeli berbagai kebutuhan apa saja karena stok akan disediakan dalam jumlah memadai untuk memenuhi permintaan masyarakat," kata dia.

Pemprov Sulteng, lanjutnya, setiap menghadapi hari raya telah menjadwalkan melaksanakan pasar murah dan juga operasi pasar.

Langkah dimaksud sebagai wujud kepedulian dan perhatian pemerintah kepada masyarakat.

Sekaligus, merupakan langkah antisipasi kenaikan harga berbagai kebutuhan pokok dan keperluan lainnya di pasaran yang setiap menjelang hari-hari raya biasanya mengalami kenaikan.

Juga merupakan salah satu intervensi pasar guna menekan inflasi yang diakibatkan kenaikan berbagai harga komoditi, termasuk kebutuhan pangan.

Dia juga mengaku ada sejumlah komoditi yang mengalami kenaikan di tingkat pengecer seperti bawang merah, bawang putih dan cabai.

Kenaikan itu lebih dikarenakan stok menipis karena pasokan berkurang.

Misalkan bawang putih di pasaran saat ini mencapai Rp40.000/kg dan bawang merah Rp30.000/kg. Baik bawang merah maupun putih sebelumnya hanya berkisar Rp20 ribu hingga Rp25.000/kg.
 
Baca juga: Warga Palu Serbu Pasar Murah Polda