Menkominfo Pastikan 1 April Hari Penyiaran Nasional

id menkominfo

Menkominfo Pastikan 1 April Hari Penyiaran Nasional

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memastikan tanggal 1 April menjadi Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) yang akan diperingati setiap tahunnya. (Foto Antara/Arsyandi)

Tanggal 1 April memang direncanakan untuk ditetapkan menjadi Hari Penyiaran Nasional, hanya keputusan presidennya belum ditandatangani
Palu,  (Antaranews Sulteng) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memastikan tanggal 1 April menjadi Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) yang akan diperingati setiap tahunnya.

"Tanggal 1 April memang direncanakan untuk ditetapkan menjadi Hari Penyiaran Nasional, hanya keputusan presidennya belum ditandatangani," kata Rudiantara kepada peserta Harsiarnas 2018 di Palu, Minggu.

Rudi menjelaskan tanggal 1 April ditetapkan sebagai Harsiarnas karena pada tanggal itu dimulai penyiaran radio yang pertama kali di Solo, di mana frekuensi itu dimiliki pemerintah saat itu.

"Sekarang bernama Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI). Kala itu, RRI sudah menyiarkan Kemerdekaan Indonesia dan Teks Proklamasi pada bulan Agustus 1945," katanya.
 
Menkominfo Rudiantara melepas 85 balon tanda peringatan Harsiarnas ke 85 di halaman kantor Gubernur Sulteng di Palu. Pelepasan balon dilakukan usai Menkominfo jalan santai bersama ribuan peserta (Foto Antara/Arsyandi)


Rudiantara menegaskan hal itu menanggapi pertanyaaan sejumlah pihak atas kepastian penetapan tanggal 1 April sebagai Harsiarnas.

"Insyaallah, di sini juga ada dari Deputi Menkopolhukam. Saya dan Menteri Polhukam sudah membubuhkan paraf, semoga bisa ditandatangani Bapak Presiden dan menjadi hari penyiaran nasional," katanya.

Sementara itu Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Yuliandre Darwis mengatakan Harsiarnas tidak hanya menjadi acara seremonial belaka, akan tetapi dapat dimaknai dan diresapi serta dijadikan tonggak sejarah pembangunan bangsa melalui dunia penyiaran. 

Yuliandre berharap peringatan ini menjadi momentum untuk Indonesia bicara baik melalui dunia penyiaran termasuk pada tahun politik saat ini, serta nilai-nilai yang baik dari Palu dapat memberi suntikan energi positif untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola berharap Harsiarnas 2018 di Palu akan memacu kreativitas yang lebih tinggi dalam berkarya di bidang penyiaran.

Baca juga: Menkominfo buka Harsiarnas tahun 2018 di palu